Teman Dekat Minta Gazalba Urus Listrik di Rumahnya, Jaksa Heran: Pekerjaan Hakim Agung kan Banyak
Sosok Fify Mulyani, wanita teman dekat hakim nonaktif Gazalba Saleh saat dihadirkan sebagai saksi di persidangan, Kamis (8/8/2024). (Suara.com/Dea)
21:12
8 Agustus 2024

Teman Dekat Minta Gazalba Urus Listrik di Rumahnya, Jaksa Heran: Pekerjaan Hakim Agung kan Banyak

Jaksa penuntut umum (JPU) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) heran karena teman dekat Hakim Agung nonaktif Gazalba Saleh, Fify Mulyani meminta untuk mengurusi soal listrik rumahnya. Rumah Fify di Sedayu City, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Hal itu disampaikan jaksa dalam sidang kasus dugaan gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) terkait penanganan perkara di Mahkamah Agung (MA) dengan terdakwa Gazalba Saleh.

Jaksa heran lantaran Fify meminta Gazalba yang memiliki kesibukan sebagai hakim agung untuk mengurus listrik di rumahnya.

"Terkait dengan tukang, kalau penjelasan ibu gimana, misalnya tukang listrik, ini gimana jelasin ke Gazalba? Listrik berapa titik, titiknya apa?" kata jaksa di ruang sidang Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (8/8/2024).

Baca Juga: Mengaku Pinjam Uang Orangtua, Teman Dekat Gazalba Saleh Bantah Diberi Rumah

"Jadi sebenarnya, kita sudah ada gambarnya, terus saya serahkan ke beliau (Gazalba)," jawab Fify.

"Gambarnya diserahkan ke beliau?" tanya jaksa.

"Iya, jadi saya tanya, 'bisa nggak tukang itu dibuatkan kaya gini'," sahut Fify.

Jaksa lantas bertanya kepada Fify soal orang yang mengurus listrik rumahnya. Menjawab itu, Fify mengatakan Gazalba juga mengurus permasalahan listrik.

Menanggapi itu, jaksa merasa heran karena Gazalba merupakan hakim agung yang memiliki banyak pekerjaan.

Baca Juga: Dikasih Pashmina Wanita Teman Dekatnya, Hakim Agung Gazalba: Kirim Lagi Barang yang Bisa Dicium-cium

"Ibu pekerjaan Hakim Agung kan banyak, masa disuruh mikir listrik juga?" tanya jaksa.

"Dia tetap teman saya pak," jawab Fify.

"Maksudnya sibuk Pak Gazalba ini, tapi bisa mikir titik-titik listrik?" tambah jaksa.

"Saya nggak mau ke situ," sahut Fify.

Jaksa pun mempertanyakan alasan Fify meminta tolong Gazalba untuk mengurusi masalah listrik di rumahnya. Menurut Fify, Gazalba tidak terlalu sibuk lantaran saat itu tengah masa pandemi Covid-19.

"Kenapa kok minta tolong ke Gazalba, kan dia Hakim Agung, tapi malah ngeribetin ke beliau mikir titik-titik listrik?" ucap jaksa.

"Mungkin pada saat Covid lebih longgar kali, bapak-bapak semua mungkin WFH saat Covid, sedangkan saya tetap WFO," balas Fify.

Sebelumnya, jaksa menyebut Gazalba melunasi cicilan rumah mewah teman dekatnya, Fify setelah menerima uang dari berbagai sumber.

"Pada tahun 2019 bertempat di Sedayu City at Kelapa Gading Cluster Eropa Abbey Road 3 No. 039 Cakung, Jakarta Timur, terdakwa bersama-sama dengan Fify Mulyani yang merupakan teman dekat terdakwa membeli satu unit rumah dengan harga Rp 3.891.000.000 (Rp 3,8 miliar)," ucap jaksa dalam dakwaannya.

Diketahui, Gazalba didakwa menerima gratifikasi secara bersama-sama senilai Rp 650 juta. Dia diduga menerima uang itu terkait perkara kasasi Nomor 3679 K/PID.SUS-LH/2022 di Mahkamah Agung.

Dia diduga menerima uang dari Jawahirul Fuad yang mengalami permasalahan hukum terkait pengelolaan limbah B3 tanpa izin dan diputus bersalah dengan vonis 1 tahun penjara.

Dalam dakwaan jaksa, Gazalba juga disebut menerima Rp 37 miliar saat menangani peninjauan kembali yang diajukan oleh Jaffar Abdul Gaffar pada 2020.

Selain itu, dia juga disebut mendapatkan penerimaan lain, yakni SGD 1.128.000, USD 181.100 dan Rp 9,4 miliar pada 2020 hingga 2022.

Tak hanya itu, Gazalba juga didakwa melakukan TPPU dengan membelanjakannya menjadi sejumlah aset seperti mobil Alphard, menukar ke valuta asing, membeli tanah/bangunan di Jakarta Selatan, membeli emas hingga melunasi KPR teman dekat. Total TPPU-nya sekitar Rp 24 miliar.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #teman #dekat #minta #gazalba #urus #listrik #rumahnya #jaksa #heran #pekerjaan #hakim #agung #banyak

KOMENTAR