42 Persen Wisatawan Datang Ke Indonesia Untuk Mengembara Di Alam
Senior Country Director Agoda untuk Indonesia Gede Gunawan. (Suara.com/Lilis)
16:08
6 Agustus 2024

42 Persen Wisatawan Datang Ke Indonesia Untuk Mengembara Di Alam

Kekayaan alam Indonesia digemari para wisatawan yang berkunjung ke Tanah Air selama paruh 2024 ini. Berdasarkan survei Travel Motivation yang dilakukan platform Agoda, tercatat ada 42 persen wisatawan yang datang ke Indonesia dengan tujuan bertualang atau mengembara.

Senior Country Director Agoda untuk Indonesia Gede Gunawan mengatakan, bahwa keberagaman Indonesia memang jadi daya tarik bagi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

"Indonesia tidak hanya kaya akan budaya saja, tapi juga alamnya, kehutanan misalnya, gunung-gunung yang sangat banyak. Kemudian juga di dalam laut sangat indah. Itu jadi tujuan dari wisatawan mancanegara juga tujuan dari wisatawan dalam negeri untuk eksplor Indonesia," ujar Gede saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (6/8/2024).

Tak hanya alam, kesenian yang unik dari berbagai daerah juga jadi alasan wisatawan mau liburan di Indonesia. Ditambah, bila kesenian itu dikombinasikan dengan pemandangan alam yang indah.

Baca Juga: Olimpiade Paris di Bawah Ancaman, Israel Tuduh Iran Rencanakan Serangan Terhadap Atlet

Faktor-faktor tersebut tak hanya menarik perhatian wisatawan dalam negeri. Tapi juga turis asing. Agoda mencatat ada lima negara tetangga yang paling signifikan mencari opsi liburan di Indonesia.

"Paling dekat dengan kita ada Malaysia, Singapura, signifikan juga Eropa. Australia juga sangat besar untuk Indonesia. Yang baru Korea Selatan memang baru naik peringkat untuk pencarian ke Indonesia," katanya.

Selain untuk bertualang, survei terhadap 3.000 responden itu juga menemukan alasan lain wisatawan liburan ke Indonesia. Dua terbanyak lainnya karena alasan kebugaran sebanyak 35 persen serta berkumpul dengan keluarga dan teman ada 33 persen.

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #persen #wisatawan #datang #indonesia #untuk #mengembara #alam

KOMENTAR