Relawan AAP Bakal Gelar Munas di Karanganyar, Bahas Jokowisme dan Tak Mau Relawan Hanya Jadi Tim Hore
Ketum PSI Kaesang Pangarep bersama ayahnya Presiden Joko Widodo atau Jokowi. [Instagram Kaesang]
19:32
23 Juli 2024

Relawan AAP Bakal Gelar Munas di Karanganyar, Bahas Jokowisme dan Tak Mau Relawan Hanya Jadi Tim Hore

Relawan Alap-Alap Jokowi (AAP) berencana menggelar Musyawarah Nasional (Munas) pertama di De Tjolomadoe, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, pada Sabtu (27/7/2024). Rencananya, kegiatan ini juga akan dihadiri Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Ketua Umum AAJ, Muhammad Isnaini, mengatakan Munas ini bakal dihadiri 2.000 peserta. Kementerian Sekretariat Negara dan Protokol Istana sudah mengkonfirmasi kehadiran Jokowi untuk membuka acara.

Isnaini mengatakan, Munas ini dibuat demi melanjutkan keberlangsungan AAJ setelah Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 berakhir.

"Kami memikirkan sejak sebelum Pilpres 2024 lalu. Supaya ada keberlanjutan, Alhamdulillah Bapak Presiden berkenan hadir dan berkenan membuka Munas 1 AAJ ini," ujar Isnaini kepada wartawan, Senin (23/7/2024).

Baca Juga: Jokowi Gencar Garap Proyek Infrastruktur, Tapi Kredit Macet Sektor UMKM Kontruksi Tembus 10%

Dalam Munas ini, akan diadakan agenda internal untuk pemilihan pengurus. Panitia juga menghadirkan tiga pemateri untuk memberikan wawasan kebangsaan, yakni penanaman ideologi Jokowisme.

"Munas bukan sekadar seremonial. Kami sangat serius mengelola jaringan relawan dengan meletakkan Ideologi Jokowisme. Yakni ideologi kebangsaan yang mengandung nilai-nilai keteladanan kerja untuk rakyat. Kami juga tidak ingin relawan hanya menjadi pasukan hore tatkala ada pesta demokrasi," jelasnya.

Isnaini mengatakan, seharusnya relawan tidak hanya sekadar bergerak ketika ada Pemilu saja. Setelah pesta demokrasi berakhir, relawan juga harus terus bergerak memberdayakan masyarakat dan membangun bangsa.

"Ideologi Jokowiisme juga mengikat Relawan AAJ untuk tidak menjadi kelompok relawan yang sering dituding oportunis. Termasuk budaya 'minta minta' karena merasa sudah berjuang atau berkeringat di Pilpres 2024," katanya.

Pada sesi penutupan Munas, panitia juga mengundang Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep sekaligus untuk menyampaikan pidato politik. Isnaini menegaskan bahwa kegiatan ini selain gerakan politik pemberdayaan masyarakat, juga menjadi forum politik meski dalam koridor versi Relawan AAJ.

Baca Juga: Jokowi Terbitkan Perpres Distribusi Izin Tambang untuk Ormas Keagamaan, Begini Isinya!

"Kenapa Mas Kaesang, nanti akan ada lagi penjelasan lanjutan. Kami berharap bahwa kehadiran Bapak Presiden akan melecut spirit kami dalam membangun AAJ pada rel yang benar. Rel ideologis akan menjadi landasan
semangat dalam kerja-kerja lapangan kami," pungkasnya.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #relawan #bakal #gelar #munas #karanganyar #bahas #jokowisme #relawan #hanya #jadi #hore

KOMENTAR