HNW Tantang Anies Satukan PKS, PKB, PDIP, dan NasDem di Pilgub DKI
Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid. [Suara.com/Bagaskara]
18:40
22 Juli 2024

HNW Tantang Anies Satukan PKS, PKB, PDIP, dan NasDem di Pilgub DKI

Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid (HNW) mempersilakan Anies Baswedan untuk menyatukan 4 partai yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), NasDem dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk bisa mengusung dirinya di Pilgub Jakarta 2024.

HNW mengemukakan hal tersebut saat berada di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/7/2024).

"Ya monggo, nanti Pak Anies kita dorong (buat PKS, PKB, PDIP dan NasDem bergabung)," katanya.

Sementara itu, HNW mengatakan bahwa penjajakan komunikasi masih terus dilakukan oleh PKS. Terutama, menyodorkan duet Anies-Sohibul Iman untuk bisa diusung maju di Pilgub Jakarta.

Baca Juga: NasDem Bebaskan Anies Cari Sosok Cawagub DKI Dengan Satu Syarat, Asal Bukan Kader

"Masih, masih jalan terus dan relatif waktu masih ada, InsyaAllah yang kemarin disampaikan Pak Sohibul Iman, Pak Anies juga tentu akan berupaya untuk, beliau pasti sudah paham bahwa PKS sudah menyumbangkan 18 kursi gitu ya untuk, threshold-nya kan 20 kursi, pastilah Pak Anies bisa menambahkan 2 kursi itu," katanya.

"Dari partai mana, beliau kan diminati PDIP, diminati oleh PKB, diminati oleh NasDem," sambungnya.

Ia meyakini, Anies dengan ketokohannya dan modal elektabilitasnya bisa menarik partai politik untuk mengusung dirinya maju.

"Tentu bisalah beliau dengan ketokohannya dan elektabilitasnya sangat tinggi siapa sih yang nggak mau mendukung beliau," katanya.

Anies Baswedan menyampaikan keterangan usai resmi diusung NasDem menjadi Cagub DKI Jakarta di NasDem Tower, Senin (22/7/2024). [Suara.com/Novian]Anies Baswedan menyampaikan keterangan usai resmi diusung NasDem menjadi Cagub DKI Jakarta di NasDem Tower, Senin (22/7/2024). [Suara.com/Novian]

Sementara itu, Partai NasDem membebaskan Anies Baswedan mencari pasangan untuk maju dalam Pilkada Jakarta 2024.

Baca Juga: Fix! NasDem Resmi Usung Anies Baswedan Maju Pilkada Jakarta

Meski begitu, NasDem memberikan catatan kepada Anies agar tidak meminang kader NasDem.

Pernyataan itu diungkapkan Sekretaris Jenderal NasDem Hermawi Taslim usai mendeklarasikan dukungan NasDem untuk pencalonan Anies sebagai calon gubernur Jakarta.

"Pak Anies juga diberi kebebasan sepenuhnya untuk menentukan siapa wakilnya dengan satu syarat, wakil itu tidak boleh dari Partai NasDem," kata Taslim di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin (22/7/2024).

NasDem memberikan tenggat kepada Anies untuk mencari calon wakil gubernur sampai pada 22 Agustus mendatang, sebelum mulai pendaftaran calon pada 27 Agustus 2024.

"Kemudian, kita juga tadi tetapkan deklarasi dengan pasangan, Pak Anies dengan pasangannya siapa nanti beliau akan jelaskan, selambat-lambatnya tanggal 22 Agustus 2024," katanya.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #tantang #anies #satukan #pdip #nasdem #pilgub

KOMENTAR