Pede Hadapi Pesaing Capim KPK, Sudirman Said: Itu Tantangan
Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (SDM), Sudirman Said. (Suara.com/Dea)
13:04
20 Juli 2024

Pede Hadapi Pesaing Capim KPK, Sudirman Said: Itu Tantangan

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (SDM), Sudirman Said, mengaku percaya diri menghadapi seleksi calom pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sudirman menegaskan bahwa pesaing seperti orang-orang dari internal KPK, Kepolisian, dan Kejaksaan merupakan tantangan baginya dalam proses seleksi capim KPK.

“Itu semua namanya tantangan dan tantangannya untuk disesuaikan, bukan dihindari. Saya mengerti jalan apapun yang ditempuh bukan jalan yang mudah,” kata Sudirman saat ditemui di Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu (20/7/2024).

Meski begitu, dia memastikan tidak akan menyerah menghadapi tantangan tersebut. Hal yang penting baginya ialah upaya maju sebagai capim KPK didorong oleh niat baik, bukan kepentingan pribadi.

Baca Juga: Viral Asyik Main Badminton Bareng The Minions, Polisi Diam-diam Usut Kasus Baru Firli Bahuri

“Saya melihat ini momentum baik, akan ada pemerintahan baru, lalu saat kampanye menyampaikan komitmennya kepada penyelenggara pemberantas korupsi,” ujar Sudirman.

“Momen baik untuk didukung apakah itu mengantarkan saya untuk posisi tertentu atau tidak, itu tidak terpenting ikut meramaikan ini sebagai sarana mencari yang terbaik,” tambah dia.

Sebelumnya, Sudirman Said diketahui mengikuti seleksi capim KPK. Alih-alih maju Pilkada Jakarta 2024 sebagaimana yang santer diberitakan, Sudirman Said memutuskan untuk mendaftar sebagai capim KPK.

Keputusan itu diambil Sudirman Said berdasarkan sejumlah dorongan dari organisasi elemen masyarakat agar dia menjadi bagian dari pemberantasan korupsi.

"Saya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dan harapan baik dari kawan-kawan gerakan masyarakat sipil. Setelah mempertimbangkan banyak saran dan masukan dari berbagai pihak, terutama koalisi masyarakat sipil yang peduli terhadap pemberantasan korupsi, insha Allah saya akan ikut ambil bagian sebagai bagian dari ikhtiar untuk mengikuti seleksi Capim KPK," kata Sudirman Said dalam keterangannya, Senin (15/7/2024).

Baca Juga: Terus Diusut, KPK Ungkap Perkembangan Kasus Obstruction of Justice Buronan Harun Masiku

"Semoga ikhtiar untuk membenahi tata kelola pemerintahan yang bersih ini diberikan kemudahan dan kelancaran," tambah dia.

Menurut Sudirman, posisi pimpinan lembaga bertujuan untuk memenuhi kepentingan dan harapan publik, bukan agenda kepentingan pribadi.

Untuk itu, dia mengaku sempat berdiskusi dengan sejumlah pihak yang mewakili pandangan publik, termasuk gerakan masyarakat sipil untuk membahas rencananya maju sebagai pimpinan KPK.

"Apabila memang menjadi kehendak publik dan dapat memberi manfaat bagi masyarakat, saya akan mempertimbangkan ikut serta dalam seleksi calon pimpinan KPK," ujar Sudirman Said.

Dia juga menilai KPK sebagai lembaga negara yang strategis jika dikelola dengan komitmen dan integritas.

Jika presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto berkomitmen membangun kembali tata kelola dan pemerintahan yang bersih, kata Sudirman, maka proses seleksi Capim KPK akan menjadi momentum untuk penguatan kembali peran KPK.

“Bila panggilan tugas publik datang, preferensi dan kepentingan pribadi harus disingkirkan,” tandas Sudirman.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #pede #hadapi #pesaing #capim #sudirman #said #tantangan

KOMENTAR