Blak-blakan! Jokowi Akui Sudah Ngobrol Bareng Prabowo usai Lantik 3 Wamen Baru, Begini Isinya
Blak-blakan! Jokowi Akui Sudah Ngobrol Bareng Prabowo usai Lantik 3 Wamen Baru, Begini Isinya. (foto dok. Prabowo)
19:40
19 Juli 2024

Blak-blakan! Jokowi Akui Sudah Ngobrol Bareng Prabowo usai Lantik 3 Wamen Baru, Begini Isinya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah berbicara dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto guna membahas ihwal transisi kepada pemerintahan selanjutnya. Soal pembicarannya dengan Prabowo itu diungkapkan Jokowi menjawab pertanyaan seputar pelantikan tiga wakil menteri (wamen), Kamis kemarin.

Jokowi mengklaim, tujuan melantik ketiga wamen baru itu untuk melancarkan keberlanjutan pemerintahan.

"Ini sudah saya bicarakan langsung dengan kepentingan pemerintah berikutnya. Saya sudah berbicara dengan presiden terpilih Bapak Prabowo Subianto," kata Jokowi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (19/7/2024).

Diketahui, dua dari tiga wamen yang dilantik Jokowi merupakan anak buah Prabowo di Partai Gerindra. Bahkan salah satu dari kedua tokoh itu merupakan keponakan Prabowo, yakni Thomas Djiwandono yang dilantik sebagai Wakil Menteri Keuangan II.

Baca Juga: Lantik Tiga Wamen Baru Termasuk Keponakan Prabowo, Jokowi Bantah Bagi-bagi Jabatan

Thomas Djiwandono (kanan), Sudaryono (kanan) dan Yuliot Tanjung (kiri) melambaikan tangan saat bersiap untuk dilantik menjadi wakil menteri oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/7/2024). [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww]Thomas Djiwandono (kanan), Sudaryono (kanan) dan Yuliot Tanjung (kiri) melambaikan tangan saat bersiap untuk dilantik menjadi wakil menteri oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/7/2024). [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww]

Bantah Bagi-bagi Jabatan

Terkait itu, Jokowi langsung membantah soal pelantikan ketiga wamen baru itu merupakan upaya bagi-bagi jabatan. Ia menegaskan pelantikan itu bertujuan memuluskan keberlanjutan.

"Nggak, nggak, nggak, nggak," kata Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi buka suara ihwal tiga wamen yang dilantik di penghujung masa jabatannya sebagai presiden. Sebab, pelantikan tiga wamen itu menuai kritik karena dianggap tidak penting.

Jokowi menegaskan pelantikan Wakil Menteri Keuangan Thomas Djiwandono, Wakil Menteri Pertanian Sudaryono, dan Wakil Menteri Investasi Yuliot pada Kamis (18/6) bertujuan untuk memuluskan keberlanjutan pemerintahan dirinya ke pemerintahan presiden terpilih Prabowo Subianto.

Baca Juga: Usai Ungkit Masalah Air dan Listrik, Jokowi Tinggal Tunggu 'Lampu Hijau' buat Ngantor di IKN

Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Suara.com/Novian)Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Suara.com/Novian)

"Ini untuk melancarkan, memuluskan keberlanjutan," kata Jokowi.

Jokowi menegaskan bahwa hanya hal tersebut yang melandasi tujuan dirinya melantik tiga wamen, kendati ia segera pensiun dari jabatan presiden

"Itu aja jawabannya," kata Jokowi.

Keponakan Prabowo Angkat Bicara

Thomas Djiwandono angkat bicara ihwal pelantikan dirinya sebagai Wakil Menteri Keuangan II. Ia berujar penunjukan tersebut merupakan bentuk keberlanjutan pemerintah saat ini ke pemerintahan mendatang.

Diketahui Thomas merupakan keponakan dari presiden terpilih sekaligu Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Adapun Thomas menjabat sebagai bendahara di partai yang dipimpin Prabowo tersebut.

"Peran ini adalah untuk menunjukkan kontinuitas dari presiden joko widodo dan presiden terpilih," kata Thomas usai pelantikan di Istana Negara oleh Presiden Jokowi, Kamis (18/7/2024).

Thomas menegaskan pengangkatan dirinya sebagai Wakil Menteri Keuangan II. Diketahui Menteri Keuangan Sri Mulyani sebelumnya sudah memiliki wakil, yakni Suahasil Nazara.

"Untuk itu saya akan bekerja erat dengan Ibu Menteri Keuangan Ibu Sri Mulyani dengan wakil ketua, maaf, Wakil Menteri Keuangan I Pak Suahasil," kata Thomas.

Ia lantas membeberkan tugasnya ke depan sebagai wakil menteri keuangan II. 

"Tugas kami, tugas saya adalah supaya semua hal yang menyangkut anggaran terutama di 2025 itu selaras dengan apa yang sudah dicetuskan oleh pemerintah sekarang dan tentunya program-program presiden terpilih ke depan," kata Thomas.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #blak #blakan #jokowi #akui #sudah #ngobrol #bareng #prabowo #usai #lantik #wamen #baru #begini #isinya

KOMENTAR