CEK FAKTA: Prabowo Bagi-bagi Uang Lewat Rekening
Menteri Pertahanan yang juga Presiden Terpilih Prabowo Subianto berpose silat saat menyambangi Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (8/7/2024) siang. (ANTARA/Mentari Dwi Gayati)
12:44
17 Juli 2024

CEK FAKTA: Prabowo Bagi-bagi Uang Lewat Rekening

Telah beredar informasi di Tiktok mengenai Prabowo Subianto yang akan membagi-bagikan uang.

Menteri Pertahanan (Menhan), disebut akan mentransfer sejumlah uang kepada pemegang rekening di Bank BRI, BCA, BSI, Mandiri, dan Dana.

"Bismillah yang punya rekening dibawah ini bapak Prabowo transfer hari ini..ini real no hoax." bunyi narasi dalam video tersebut.

Klaim tersebut didukung oleh video yang diunggah oleh akun Tiktok dengan nama "Prabowo Subianto_02".

Baca Juga: Prabowo Diminta Tidak Mundur Seperti Gibran, Elite PDIP: Yang Harusnya Mundur Budi Arie, Kerja Nggak Bener!

Namun, penelusuran terhadap akun Tiktok tersebut menunjukkan bahwa akun tersebut bukan merupakan akun resmi milik Prabowo Subianto. Prabowo Subianto sendiri tidak memiliki akun Tiktok resmi.

Peada laman resmi Instagram Prabowo juga tidak mengungkapkan adanya informasi mengenai rencana bagi-bagi uang kepada pemilik rekening di bank-bank yang disebutkan.

Selain itu, tim cek fakta turnbachhoax juga melakukan pengecekan langsung pada laman web resmi Bank BRI, BCA, BSI, dan Mandiri dengan menggunakan kata kunci "Prabowo", namun tidak ada informasi yang mendukung klaim tersebut.

Laman resmi Dana juga tidak mencantumkan adanya program distribusi uang oleh Prabowo Subianto.

Dengan demikian, klaim bahwa Prabowo Subianto akan membagi-bagikan uang kepada pemilik rekening di bank-bank besar tersebut adalah tidak benar dan dapat dikategorikan sebagai konten palsu.

Baca Juga: CEK FAKTA: Tepung Sagu dapat Mengatasi Penyakit Asam Lambung, Apa Iya?

Editor: Bella

Tag:  #fakta #prabowo #bagi #bagi #uang #lewat #rekening

KOMENTAR