Survei Litbang Kompas Pilgub Jakarta Anies Teratas RK Ketiga, Gerindra: Prabowo Masih Perlu Waktu
Momen Anies Baswedan berjalan beriringan dengan Prabowo Subianto. (Instagram/@aniesbaswedan)
18:48
16 Juli 2024

Survei Litbang Kompas Pilgub Jakarta Anies Teratas RK Ketiga, Gerindra: Prabowo Masih Perlu Waktu

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto disebut memerlukan waktu untuk memutuskan siapa pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang akan diusung untuk Pilgub Jakarta 2024.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra, Ahmad Muzani, menanggapi hasil survei Litbang Kompas yang memotret nama Anies Baswedan berada di urutan teratas, disusul Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, kemudian Ridwan Kamil di urutan ketiga.

"Sekali lagi Jakarta salah satu yang sedikit memerlukan waktu untuk Pak Prabowo melakukan telaah pendalaman dari pandangan yang berkembang di masyarakat," kata Muzani di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/7/2024).

Menurutnya, Jakarta merupakan wilayah yang khusus sehingga butuh pertimbangan sebelum memutuskan.

Baca Juga: Keponakan Prabowo Resmi Pimpin Gerindra Kaltim

"Karena Jakarta adalah daerah yang juga dianggap sebagai kota ekonomi, sehingga beliau butuh pandangan yang baik dari KIM ataupun dari tokoh-tokoh masyarkat termasuk dari kalangan tokoh-tokoh agama," ungkapnya.

Lebih lanjut, Muzani menyampaikan pada prinsipnya Gerindra mengedepankan kebersamaan di Pilkada 2024. Namun jika kondisinya berbeda pilihan, maka tak bisa dipastikan.

"Intinya sekali lagi, pilkada ini harus menunjukkan kebersamaan meskipun dalam perbedaan. Pilkada ini harus menunjukkan keindonesiaan meskipun beda pilihan dan itu yang ingin ditunjukkan oleh pak Prabowo sehingga kalau kita berbeda bagaimana kebersamaan itubkita bangun secara bersama-sama kalau kita dalam pilihan politik tak sama tentu saja tak bisa dipaksakan harus sama," ujarnya.

"Kira-kira seperti itu, sehingga beliau memerlukan waktu," sambungnya.

Survei Litbang Kompas

Baca Juga: Prabowo Janji Kunjungi Papua Nugini usai Dilantik Presiden, Begini Alasannya!

Sebelumnya Litbang Kompas merilis hasil survei terbarunya soal dinamika Pilgub Jakarta 2024. Hasilnya nama Anies Baswedan bertengger di urutan teratas, di susul nama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di bawahnya ada Ridwan Kamil.

Adapun survei yang dilakukan Litbang Kompas ini dipotret pada Juli 2024 ini.

"Anies misalnya, jika survei dilakukan saat ini, tidak kurang 29,8 persen pemilih akan memilihnya," tulis keterangan Litbang Kompas, Selasa (16/7/2024).

Kemudian untuk Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok memperoleh angka 20 persen.

Sementara untuk eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terpaut jauh dari dua figur tersebut. Pria yang akrab disapa Kang Emil hanya duduki peringkat ketiga dengan memperoleh angka 8,5 persen.

Sementara, terdapat sejumlah nama-nama lainnya seperti Erick Thohir, Tri Rismaharini, Heru Budi Hartono, Kaesang Pangarep, Andika Perkasa dan Sri Mulyani. Namun, angkanya masih di bawah 5 persen.

"Tidak Tahu/tidak jawab 30 persen," tulisnya.

Untuk diketahui, survei periodik melalui wawancara tatap muka ini diselenggarakan pada 15-20 Juni 2024. Sebanyak 400 responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di Daerah Khusus Jakarta (DKJ).

Dengan menggunakan metode ini, Litbang Kompas menerapkan margin of error sebesar ±4,9 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #survei #litbang #kompas #pilgub #jakarta #anies #teratas #ketiga #gerindra #prabowo #masih #perlu #waktu

KOMENTAR