Bacaan Niat dan Jadwal Lengkap Puasa Dzulhijjah 2024 Menjelang Idul Adha 1445 H
Ilustrasi Puasa - Niat dan Jadwal Puasa Dzulhijjah 2024 (Freepik)
23:04
7 Juni 2024

Bacaan Niat dan Jadwal Lengkap Puasa Dzulhijjah 2024 Menjelang Idul Adha 1445 H

Bulan Dzulhijjah termasuk salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Dalam bulan ini terdapat ibadah penyempurna agama yaitu ibadah haji ke baitullah dan ada pula puasa sunnah Dzulhijjah. Sebelum melaksanakan ibadah ini ketahui terlebih dahulu tentang niat dan jadwal puasa Dzulhijjah 2024. 

Sesuai jadwal dalam kalender Islam Hijriah yang diterbitkan oleh Kemenag RI, Hari Raya Idul Adha 1445 H jatuh pada hari Senin 17 Juni 2024. Kendati demikian jadwal ini nantinya masih akan dipastikan melalui sidang isbat yang digelar Kemenag. 

Berbagai persiapan pun kerap dilakukan oleh umat muslim untuk menyambut datangnya hari suci tersebut. Salah satunya yaitu dengab melaksanakan beberapa puasa sunnah yang dianjurkan pada bulan Dzulhijjah ini. 

Disebutkan dalam sebuah hadist dari Ibnu Umar RA, Nabi Muhammad SAW bersabda:  

Baca Juga: 4 Amalan Dahsyat 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah, Tak Hanya Berpuasa

مَا مِنْ أَيَّامٍ أَعْظَمُ عِنْدَ اللَّهِ وَلَا أَحَبُّ إِلَيْهِ الْعَمَلُ فِيهِنَّ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ الْعَشْرِ 

Artinya: "Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal shalih di dalamnya lebih dicintai oleh-Nya daripada hari yang sepuluh (sepuluh hari pertama dari Dzulhijjah)." (HR. Ahmad, dishahihkan Syaikh Ahmad Syakir).    

Jadwal Puasa Dzulhijjah 

Berdasarkan Kalender Hijriah Indonesia 2024 susunan Kementerian Agama (Kemenag) RI, umat Islam bisa menjalankan puasa 1-9 Dzulhijjah 1445 H di Juni 2024 ini yang jatuh pada tanggal: 

1. Sabtu, 8 Juni 2024 /1 Dzulhijjah 1445 H 

Baca Juga: Tata Cara dan Niat Puasa Dzulhijjah, Dipercaya Dapat Hapus Dosa Setahun Lalu hingga Tahun Depan

2. Minggu, 9 Juni 2024 /2 Dzulhijjah 1445 H 

3. Senin, 10 Juni 2024 /3 Dzulhijjah 1445 H 

4. Selasa, 11 Juni 2024 /4 Dzulhijjah 1445 H 

5. Rabu, 12 Juni 2024 /5 Dzulhijjah 1445 H 

6. Kamis, 13 Juni 2024 /6 Dzulhijjah 1445 H 

7. Jumat, 14 Juni 2024 /7 Dzulhijjah 1445 H 

8. Sabtu, 15 Juni 2024 /8 Dzulhijjah 1445 H (Puasa Tarwiyah) 

9. Minggu, 16 Juni 2024 /9 Dzulhijjah 1445 H (Puasa Arafah) 

Niat Puasa Dzulhijjah 

Sebelum mengerjakan puasa sunnah Dzulhijjah, umat muslim dianjurkan untuk membaca niat agar ibadah puasa diterima di sisi Allah SWT. Berikut ini adalah bacaan niat puasa sunnah Dzulhijjah pada bulan Juni 2024. 

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى 

Nawaitu shauma syahri dzulhijjah sunnatan lillahi ta'ala 

Artinya: "Saya niat puasa sunnah pada bulan Dzulhijjah karena Allah Ta'ala." 

Keutamaan Puasa Dzulhijjah 

Dirangkum dalam buku Puasa Sepanjang Tahun oleh Yunus Hanis Syam, keutamaan berpuasa pada 10 hari di awal bulan Dzulhijjah sesuai dalam hadits Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut: 

• Puasa di hari pertama Dzulhijjah, Allah SWT mengampuni Nabi Adam AS. Maka barang siapa yang berpuasa pada hari itu Allah SWT akan mengampuni segala dosa-dosanya. 

• Puasa di hari kedua Dzulhijjah atau hari ketika Allah SWT mengeluarkan Nabi Yunus AS dari perut ikan besar. Maka barang siapa yang berpuasa pada hari itu seperti halnya beribadah setahun serta terhindar dari perilaku maksiat dan dosa. 

• Puasa di hari ketiga Dzulhijjah, Allah SWT mengabulkan doa Nabi Zakaria. Maka siapa saja yang berpuasa pada hari itu dijamin doanya akan dikabulkan oleh Allah SWT. 

• Puasa di hari keempat Dzulhijjah, adalah hari lahirnya nabi Isa AS. Maka barang siapa yang berpuasa di hari itu, Allah SWT akan menghilangkan kesusahan dan kefakirannya serta kelak di hari akhir akan bersama dengan para perantau yang baik lagi mulia (Safaratul Kiraa-mil Bararah). 

• Puasa di hari kelima Dzulhijjah, Nabi Musa AS dilahirkan. Maka barang siapa yang berpuasa pada hari itu akan terbebas dari sifat nifak serta siksa kubur. 

• Puasa di hari keenam Dzulhijjah, Allah SWT membuka kebaikan bagi Nabi-Nya. Maka baranh siapa yang berpuasa pada hari itu Allah SWT akan memandangnya dengan penuh rahmat dan setelah itu tidak disiksa selamanya. 

• Puasa di hari ketujuh Dzulhijjah, semua pintu neraka Jahanam ditutup dan tidak terbuka hingga habis sepuluh awal bulan Dzulhijjah. Maka barang siapa yang berpuasa pada hari itu, Allah SWT akan menghindarkan dirinya dari 30 pintu kesulitan dan membuka baginya 30 pintu kemudahan. 

• Puasa di hari kedelapan Dzulhijjah, dikenal juga sebagai hari Tarwiyah. Barang siapa yang berpuasa di hari ini, maka Allah SWT akan memberikan pahala sebesar-besarnya tiada yang mengetahui jumlahnya kecuali Allah SWT. 

• Puasa di hari kesembilan Dzulhijjah atau hari Arafah, orang yang berpuasa pada hari ini dijanjikan bisa menebus dosanya pada setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. 

Kemudian puasa di hari ke-9 ini pula, turun ayat terakhir dalam Al-Quran yaitu Al-Maidah ayat 3 yang berbunyi, 

اَلْيَوْمَ اَكْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنَكُمْ وَاَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِيْ وَرَضِيْتُ لَكُمُ الْاِسْلَامَ دِيْنًاۗ 

Artinya: "...Pada hari (Arafah) ini, Aku (Allah SWT) sempurnakan bagimu agamamu dan Aku cukupkan nikmat-Ku untukmu, dan Aku ridhai Islam menjadi agamamu." 

Nah, itulah tadi niat dan jadwal puasa Dzulhijjah 2024. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #bacaan #niat #jadwal #lengkap #puasa #dzulhijjah #2024 #menjelang #idul #adha #1445

KOMENTAR