Soal Erick Thohir Beri Pesan ke Prabowo, Bawaslu: Presiden yang Ingatkan Pembantunya
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (16/1/2024).(KOMPAS.com/NICHOLAS RYAN ADITYA)
21:36
16 Januari 2024

Soal Erick Thohir Beri Pesan ke Prabowo, Bawaslu: Presiden yang Ingatkan Pembantunya

- Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja mengatakan bahwa pihaknya sudah mengimbau para menteri untuk menjaga netralitas pada Pemilu 2024.

Imbauan netralitas itu bahkan sudah disampaikan Bawaslu kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Nanti Pak Presiden sebagai Kepala Negara akan mengingatkan pembantu-pembantunya ini (jika tidak netral)," kata Bagja ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (16/1/2024).

Ini disampaikannya setelah ditanya terkait Menteri BUMN Erick Thohir yang memberikan pesan kepada Menteri Pertahanan sekaligus calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto untuk menjaga toleransi pada saat menghadiri acara Natal BUMN, Senin kemarin.

Lewat Kemendagri, kata Bagja, Bawaslu mengingatkan agar Presiden memerintahkan menteri-menterinya tidak berbuat melanggar aturan Pemilu.


Selain kepada menteri, Bawaslu juga mengimbau para kepala desa untuk menjaga netralitas.

"Imbauan kepada Mendagri untuk meneruskan. Bahkan imbauan juga ke semua kepala desa itu kita lakukan imbauan untuk tidak melakukan hal-hal yang menguntungkan salah satu pasangan calon ataupun peserta pemilu yang lain," tutur Bagja.

Sebelumnya diberitakan, Erick Thohir menitipkan pesan kepada Prabowo Subianto untuk menjaga toleransi umat beragama Indonesia di masa depan.

Hal tersebut disampaikan Erick Thohir dalam sambutannya di acara Natal Bersama 2023 Kementerian BUMN di JCC, Senayan, Jakarta, Senin.

Turut hadir dalam acara perayaan Natal tersebut Prabowo dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

"Dengan segala ketulusan saya, kita semua yang hadir hari ini menitipkan kepada Bapak Prabowo, Pak, jaga toleransi umat beragama di Indonesia untuk hari ini dan masa depan," ujar Erick.

"Kita titipkan kepada Bapak Prabowo persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia agar kita menjadi negara yang maju, sejahtera, dan mulia," kata dia lagi.

Editor: Nicholas Ryan Aditya

Tag:  #soal #erick #thohir #beri #pesan #prabowo #bawaslu #presiden #yang #ingatkan #pembantunya

KOMENTAR