Presiden-Wapres Terpilih di Pilpres 2024 Punya PR Benahi Etika Politik
Peneliti ahli utama Pusat Riset Politik BRIN Prof Firman Noor saat ditemui di Cipta Pancoran Hotel, Jakarta Selatan, Jumat (23/12/2022). (KOMPAS.com/ADHYASTA DIRGANTARA)
13:40
16 Januari 2024

Presiden-Wapres Terpilih di Pilpres 2024 Punya PR Benahi Etika Politik

- Salah satu pekerjaan yang mesti dilakukan oleh presiden dan wakil presiden terpilih mendatang adalah memulihkan tata pemerintahan dan politik yang lebih menerapkan standar etika lebih tinggi.

Menurut peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (PRP BRIN) Prof. Firman Noor, kerusakan dalam bidang politik di Indonesia pada tahun-tahun belakangan sangat nyata.

"Demikian berantakan atau damage persoalan etika politik itu pada hari-hari atau tahun-tahun belakangan. Di mana orang seolah-olah boleh berkuasa by all means. Dengan segala cara," kata Firman saat dihubungi pada Selasa (16/1/2024).

Firman menilai, etika dalam dunia politik saat ini di Indonesia tak lagi dijunjung. Padahal, kata dia, para tokoh pendiri Republik Indonesia meskipun mempunyai pandangan politik yang berbeda tapi tetap saling menjaga etika.

"Saat ini nampaknya ini cukup loose. Elite kita, penguasa kita cukup permisif dalam persoalan ini. Sejauh itu menguntungkan secara politik, why not?" ujar Firman.


Menurut Firman, jika praktik politik seperti itu dilanjutkan maka bakal menjadi warisan yang buruk bagi generasi mendatang. Jika hal itu yang terjadi, maka Firman menilai justru berbahaya karena malah bisa merusak sendi-sendi kehidupan masyarakat.

"Mudah-mudahan generasi muda dalam waktu dekat ini akan juga dihadirkan bagaimana cara berpolitik yang beretika, sehingga mereka punya standar etika yang jauh lebih baik sehingga bisa paham bahwa untuk memenangkan kontestasi politik jangan juga harus melupakan etika politik," papar Firman.

Firman berharap generasi muda bisa mencontoh cara berpolitik yang menjunjung etika sebagai bagian dari budaya luhur bangsa ini, dan harus dipertahankan untuk masa kini dan masa-masa yang akan datang.

"Jadi saya memang berharap ke depan akan ada banyak lagi politisi yang sadar tentang etika politik ini, tidak main-main dengan itu agar nanti tidak terjadi politik Macchiavellian yang menghalalkan segala cara," kata Firman.

Tag:  #presiden #wapres #terpilih #pilpres #2024 #punya #benahi #etika #politik

KOMENTAR