Respons Putusan MK, MUI Ajak Tokoh Parpol Jadi Teladan Umat
Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI Zainut Tauhid Sa’adi. MUI mengingatkan supaya masyarakat selektif dalam memilih guru atau imam keagamaan. (Hilmi/Jawa Pos)
06:32
23 April 2024

Respons Putusan MK, MUI Ajak Tokoh Parpol Jadi Teladan Umat

   - Sejumlah kalangan merespons putusan MK terkait sengketa Pilpres 2024 yang dibacakan kemarin. Diantaranya disampaikan Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI Zainut Tauhid Sa’adi. Dia mengatakan MUI menghormati putusan tersebut. MUI juga meyakini bahwa putusan MK itu sudah melewati proses peradilan yang benar, jujur, dan bisa dipertanggung jawabkan.   Mantan Wakil Menteri Agama itu menuturkan putusan MK tersebut bersifat final dan mengikat. Artinya sudah tidak ada upaya hukum yang ditempuh oleh para penggugat. ’’Kami berharap putusan MK ini bisa menyudahi seluruh silang sengketa dari semua perbedaan yang ada,’’ katanya di Jakarta pada Senin (22/4).   Zainut menuturkan MUI berharap semua pihak bisa menerima putusan MK tersebut dengan ikhlas dan legawa. Dengan selesainya proses Pemilu 2024, Zainut mengatakan MUI mengajak masyarakat untuk kembali bersatu. Tidak boleh terkotak-kotak imbas perbedaan pilihan politik. Kubu-kubuan, apakah itu 01, 02, dan 03 harus disudahi. Selanjutnya bersama-sama bergotong royong membangun bangsa.  

  MUI mengimbau kepada para tokoh masyarakat, tokoh agama, pimpinan Parpol untuk memberikan edukasi serta keteladanan yang baik kepada masyarakat. Khususnya edukasi untuk merajut kembali nilai-nilai persatuan dan persaudaraan. Sehingga bangsa Indonesia bisa kembali menjadi bangsa yang rukun, adil, makmur, serta berkemajuan.   Sementara itu Sekjen PBNU Saifullah Yusuf wakili PBNU mengucapkan selamat kepada pasangan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia periode 2024-2029. ’’Kami ucapkan selamat bertugas,’’ tuturnya. Saifullah membacakan pernyataan resmi dari PBNU yang diteken oleh Rais Aam KH Miftachul Akhyar, Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf, dan lainnya.   Mantan Wagub Jawa Timur itu mengatakan PBNU menyerukan kepada semua pihak untuk menghormati dan mematuhi putusan MK tersebut. PBNU juga mengajak kepada seluruh warga NU untuk menerima hasil Pemilu 2024, dengan mengedepankan empat nilai dasar Ahlussunnah wal Jama’ah.  

  Yaitu bertindak seimbang (at-tawazun), berperilaku moderat (at-tawassuth), bersikap toleran (at-tasamuh), dan bertindak adil serta proporsional (al-I’tidal). PBNU juga mengajak semua elemen bangsa untuk mengakhiri polemik atas hasil Pemilu dan menjalankan lembaran islah.   ’’Dengan demikian, kehidupan berbangsa dan bernegara dapat berjalan seperti sedia kala,’’ katanya. PBNU juga mengimbau kepada seluruh elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 untuk memperbaiki penyelenggaraannya di masa mendatang. Kejadian-kejadian dalam Pemilu 2024 dapat dijadikan sebuah pelajaran.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #respons #putusan #ajak #tokoh #parpol #jadi #teladan #umat

KOMENTAR