Biar Nggak Macet-macetan, Pakai Opsi Jalur Ini saat Hendak Kembali ke Jabodetabek
Situasi arus lalu lintas di ruas Tol Jakarta - Cikampek saat diterapkan rekayasa lalu lintas cobtraflow, Kamis (11/4). (Humas PT Jasamarga Transjawa Tol/Antara)
07:56
13 April 2024

Biar Nggak Macet-macetan, Pakai Opsi Jalur Ini saat Hendak Kembali ke Jabodetabek

Polda Metro Jaya telah menyiapkan beberapa skenario untuk mengatur lalu lintas pada periode arus balik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Rencana itu diterapkan untuk mengurangi potensi kemacetan.

”Kita sudah mempersiapkan juga untuk arus balik, karena kita telah meminta data saudara kita keluar dari Jabodetabek itu ada 1.035.000 sekian kendaraan yang keluar,” ucap Dirlantas Polda Metro Jaya Kombespol Latif Usman, Sabtu (13/4).

Latif mengatakan, persiapan pertama diharapkan pemudik yang akan menuju Jakarta dan sekitarnya bisa mengatur waktu kepulangan. Warga bisa memanfaatkan empat hari masa arus balik yang telah disiapkan.

”Saya mengharapkan masyarakat yang kembali ke Jakarta mempersiapkan. Betul siap kondisi badannya dan siap betul-betul operasional di jalan. Jangan sampai kehabisan bensin, dan kendaraan tidak siap. Ini kita betul-betul mengimbau dari sekarang,” imbuh Latif Usman.

Selanjutnya hindari penumpukan kendaraan di simpang susun Cikunir, yang menghubungkan JORR Selatan menuju Pondok Indah, JORR Utara ke Tanjung Priok, dan akses Halim Utama Tol Dalam Kota. Pemudik bisa memanfaatkan tol fungsional, Cimanggis-Cibitung yang telah bisa digunakan masyarakat dengan waktu operasional 06.00 sampai 16 April pukul 17.00 WIB.

”Masyarakat yang akan pulang ke Bogor, Depok, Cibubur, bisa melewati itu (Tol Cimanggis-Cibitung). Tidak melewati ke Cikunir, karena ada waktu tempuh jarak tempuh yang signifikan,” jelas Latif Usman.

”Begitu juga yang akan mengarah ke utara, Jakarta Barat, Tangerang silakan untuk tidak memaksakan harus masuk Tol Dalam Kota tapi lewat Cibitung langsung dengan Semper yaitu Tanjung Priok akan lebih mudah,” tambah Latif.

Apabila kondisi Tol Dalam Kota pun masih terjadi penumpukan, lanjut dia, petugas telah menyiapkan contraflow. Dengan begitu kendaraan yang akan menuju Jakarta Barat bisa tetap jalan.

”Kita akan melakukan contraflow dari pintu Tol Halim yang sudah seperti pagi biasa kita laksanakan. Mungkin nanti bisa sampai Slipi ataupun sampai depan Polda Metro Jaya ataupun nanti sampai depan DPR,” terang Latif Usman.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #biar #nggak #macet #macetan #pakai #opsi #jalur #saat #hendak #kembali #jabodetabek

KOMENTAR