Tentukan Lebaran 2024, Pemerintah Gelar Sidang Isbat Hari Ini
Petugas melakukan pemantauan hilal awal Ramadhan 1445 H memantau hilal di Masjid Al-Musyari'in kawasan Basmol Raya, Jakarta, Minggu (10/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
09:44
9 April 2024

Tentukan Lebaran 2024, Pemerintah Gelar Sidang Isbat Hari Ini

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat 1 Syawal 1445 Hijriah pada Selasa (9/4/2024). Melansir dari situs resmi, sidang bakal digelar secara tertutup di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kemenag RI, Jakarta Pusat.

"Sebagaimana biasa, sidang isbat awal Syawal selalu dilaksanakan pada 29 Ramadan. Tahun ini, bertepatan dengan 9 April 2024," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat Islam, Kamaruddin Amin di Jakarta, Selasa (24/2/2024).

Ini Pengumuman Libur Lebaran 2024 Anak Sekolah dan PNS Resmi dari Pemerintah!

Kamaruddin menyampaikan, sidang akan dihadiri oleh Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, serta Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama.

Menurutnya, sidang isbat bakal diawali dengan Seminar Pemaparan Posisi Hilal oleh Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama.

Berdasarkan data hisab, ijtimak terjadi pada Selasa, sekitar pukul 01.20 WIB.

Kamaruddin menjelaskan, ketika matahari terbenam, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia berada di atas ufuk antara 4° 52.71' sampai dengan 7° 37.84' dan sudut elongasi 8° 23.68'.

“Berdasarkan kriteria MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura), posisi hilal dimaksud telah memenuhi kriteria visibilitas hilal (Imkanur Rukyat) yaitu tinggi hilal 3 derajat dan sudut elongasi 6,4 derajat,” ujarnya.

Tinggal Berapa Hari Lagi Lebaran? Hitung Mundur Idul Fitri Sesuai Ketetapan Muhammadiyah dan Pemerintah

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, Kemenag juga bakal melakukan pemantauan hilal atau rukyatulhilal di berbagai provinsi.

"Untuk sidang isbat awal Syawal ini, Kementerian Agama akan menurunkan tim ke 120 lokasi di seluruh Indonesia. Mereka akan melaporkan, apakah pada hari itu hilal terlihat atau tidak," terangnya.

Editor: Ria Rizki Nirmala Sari

Tag:  #tentukan #lebaran #2024 #pemerintah #gelar #sidang #isbat #hari

KOMENTAR