Ingin Mudik Bersama Hewan Peliharaan Naik Kereta Api? Begini Aturan dari KAI
Ilustrasi kereta api Daop 5 Purwokerto. (Istimewa)
21:48
20 Maret 2024

Ingin Mudik Bersama Hewan Peliharaan Naik Kereta Api? Begini Aturan dari KAI

  Salah satu tradisi tahunan yang tidak lepas di bulan ramadhan adalah mudik lebaran. Perjalanan mudik lebaran menjadi pertimbangan yang cukup membingungkan bagi yang memiliki hewan peliharaan kesayangan.   Pertimbangan membawa hewan peliharaan didasarkan pada alasan sayang dan ketersediaan pendanaan jika harus menitipkannya ke pet hotel.   Biaya penitipan hewan peliharaan cukup mahal, maka pertimbangan membawa serta hewan peliharaan ikut mudik bisa jadi pilihan berikutnya.   Moda transportasi kereta api merupakah salah satu pilihan yang hemat, cepat, dan nyaman. Kemudian muncul pertanyaan, apakah bisa membawa serta hewan peliharaan menggunakan kereta saat mudik?  

  Pada dasarnya, KAI menyediakan jasa pengiriman hewan peliharaan menggunakan KALOG EXPRESS. Hewan peliharaan akan dikirim melalui jasa pengiriman gerbong kereta api dari satu stasiun ke stasiun lainnya.   KAI tidak menyediakan gerbong khusus untuk hewan peliharaan beserta pemiliknya. Hewan peliharaan akan ditempatkan di gerbong logistik, sehingga pemilik dan hewan peliharaan akan terpisah selama perjalanan di kereta api.   Dilansir JawaPos.com dari laman Kereta Api Indonesia (KAI), begini tata cara penumpang yang ingin membawa hewan peliharaan saat mudik.   1. Pastikah hewan peliharaan dalam keadaan sehat   Hewan yang akan dibawa harus dipastikan sehat, pemilik bisa menyertakan surat pemeriksaan dari dokter hewan. Pemilik hewan peliharaan wajib menyediakan kandang yang kuat dan sesuai dengan jenis hewan peliharaan.   Kandang yang digunakan juga harus memiliki ukuran yang memadai dengan ukuran hewan peliharaan. Ukuran kandang yang memadai akan memberikan kenyamanan hewan peliharaan selama perjalanan.   Tidak lupa, pemilik hewan peliharaan juga wajib menyediakan makanan hewan yang bisa dimasukan pada pada kandang.   2. Perhatikan waktu pengiriman  

  KALOG EXPRESS memiliki jadwal libur tertentu untuk jasa pengiriman saat libur lebaran, sehingga pemilik hewan peliharaan harus selalu memperbarui informasi mengenai jadwal layanan pengiriman hewan peliharaan.   Jika pemilik menginginkan hewan peliharaan sampai di hari yang sama, maka hewan peliharaan sudah harus dikirimkan ke KALOG EXPRESS pada H-1 pemberangkatan.   3. Berapa tarif untuk mengirim hewan peliharaan?   Berdasarkan laman resmi KAI, tarif yang diberlakukan berpatokan pada berat 1 hingga 10 kg pertama. Jika berat melebihi 10 kg, maka akan diberlakukan tarif tambahan per 1 kg berikutnya.   Sebagai gambaran, untuk pengiriman dari Jakarta ke Yogyakarta, 10 kilogram pertama dikenai tarif Rp 100.000.   Informasi lebih lanjut mengenai jasa pengiriman hewan peliharaan dengan kereta api, calon penumpang bisa langsung menghubungi KAI Logistik melalui [email protected] atau dengan menghubungi nomor WhatsApp +62813-8822-3205.   Demikian informasi mengenai cara mudik bersama hewan peliharaan dengan kereta api. Selalu perbarui informasi perjalanan mudik melalui laman resmi KAI.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #ingin #mudik #bersama #hewan #peliharaan #naik #kereta #begini #aturan #dari

KOMENTAR