Dirut BPJS Kesehatan Targetkan 5 Juta Peserta Nonaktif Menjadi Aktif
Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti saat berbicara dalam kegiatan ISSA Internal Meeting on Sickness Benefits Organized by TC Health, Selasa (19/10). (BPJS Kesehatan for JawaPos.com)
15:56
9 Maret 2024

Dirut BPJS Kesehatan Targetkan 5 Juta Peserta Nonaktif Menjadi Aktif

– Jumlah peserta BPJS Kesehatan hingga akhir tahun lalu mencapai 267 juta orang atau 98 persen dari penduduk Indonesia. Namun, peserta yang menunggak juga tidak sedikit. BPJS Kesehatan berupaya mengatasi hal itu melalui berbagai inovasi.

Data BPJS Kesehatan mencatat, peserta yang menunggak mencapai 15 juta dan nonaktif karena mutasi 38 juta. Sehingga ada 53 juta peserta yang tidak bisa memanfaatkan layanan BPJS Kesehatan. ”Yang menunggak itu bisa langsung pakai kalau tunggakannya dibayar,” kata Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti.

Dia menyesalkan adanya masyarakat yang tidak pernah mengecek keaktifan kepesertaan. Terutama bagi peserta penerima bantuan iuran (PBI).

Ali menyatakan, dari jumlah tersebut, pihaknya menargetkan 5 juta peserta bisa aktif kembali tahun ini. Ada berbagai inovasi yang dilakukan. Salah satunya menyisir dan mengadvokasi peserta yang tidak aktif. Sehingga diharapkan dapat menjadi peserta lagi.

Khusus bagi peserta PBI, BPJS Kesehatan bekerja sama dengan pemda untuk memberi tahu bahwa ada peserta yang sudah tidak aktif. Setiap bulan, kata Ali, pihaknya mendapat info dari Kementerian Kesehatan yang berkoordinasi dengan Kementerian Sosial terkait dengan jumlah peserta yang sudah tidak aktif. Koordinasi itu penting agar pemda bisa membantu menjangkau mereka.

Inovasi melalui teknologi juga dilakukan BPJS Kesehatan. Direktur Kepesertaan BPJS Kesehatan David menambahkan, transformasi digital tidak hanya akan meningkatkan efisiensi administratif, tetapi juga memberikan dampak positif yang lebih besar bagi pelayanan kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

”Inovasi yang dibangun BPJS Kesehatan senantiasa berorientasi pada customer journey sehingga akan berdampak langsung pada peserta,” kata David dalam forum ICT 2024 di Bali. (lyn/c6/bay)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #dirut #bpjs #kesehatan #targetkan #juta #peserta #nonaktif #menjadi #aktif

KOMENTAR