Alasan Politis Komeng Pilih Berjuang di DPD RI Ketimbang DPR RI
Komeng ditemui di kawasan Tendean, Jakarta, Jumat (16/2/2024). Alasan Komeng pilih berjuang di DPD RI daripada DPR RI. [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]
00:28
17 Pebruari 2024

Alasan Politis Komeng Pilih Berjuang di DPD RI Ketimbang DPR RI

Komedian Komeng menjadi buah bibir di tengah panasnya suhu politik akhir-akhir ini. Kehadirannya dalam kontestasi Pemilu 2024 sebagai calon anggota DPD RI menyita perhatian publik.

Ini terjadi karena foto nyelenehnya di surat suara sehingga mampu menarik perhatian para pemilih. Alhasil Komeng diprediksi lolos ke Senayan sebagai anggota DPD RI.

Menurut rekapitulasi KPU per Jumat (16/2/2024) pukul 17.00 WIB, dengan data masuk 46,75 persen, Komeng meraih 1.179.188 suara atau 12,03 persen.

Tidak seperti kebanyakan artis yang menjadi calon anggota legislatif (caleg) DPR RI, Komeng memilih berjuang di kamar DPD RI.

Pelawak yang terkenal dengan kata Uhuy ini punya alasan mengapa lebih memilih sebagai calon DPD daripada DPR RI.

Menurut Komeng, anggota parlemen di DPR tidak bisa memutuskan sendiri dalam mengambil kebijakan karena terikat dengan partai.

"Kalau gua tanya sama teman-teman yang pernah di DPR kenapa sih lu ga bisa memperjuangkan gini gini gini. Ya dia itu keputusannya ada di partai. Kadang-kadang dia tidak bisa menentukan sendiri apa yang kita minta. Katanya ya," ujar dia dikutip dari Youtube CNN Indonesia.

Atas dasar itu, Komeng memilih jalur DPD RI sebagai jalan perjuangannya memperjuangkan aspirasi rakyat khususnya para seniman. 

"Makanya saya coba DPD yang tanpa ada partai. Tapi apakah mampu kalau sendirian begini? Saya belum tahu," ujarnya.

Komeng tidak menampik selama ini banyak datang tawaran dari partai politik namun dia belum memiliki niatan bergabung ke partai tertentu.

"Pernah ada partai menawarkan, banyak. Saya sampai sekarang belum ada niatan ke situ," ujar anggota grup lawak Diamor ini. 

Editor: Wakos Reza Gautama

Tag:  #alasan #politis #komeng #pilih #berjuang #ketimbang

KOMENTAR