Ganjar Kobarkan Semangat di Kandang Banteng
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyapa para pendukungnya saat kampanye akbar di Lapangan Pancasila Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (10/2/2024). (MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS)
15:32
11 Pebruari 2024

Ganjar Kobarkan Semangat di Kandang Banteng

- Pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD memungkasi kampanye akbar di Solo dan Semarang kemarin (10/2). Kesempatan itu mereka gunakan untuk menegaskan kembali komitmen menepati janji-janji kampanye jika memenangi pilpres.

Kampanye terakhir Ganjar-Mahfud dimulai di Benteng Vastenburg, Kota Solo, Jawa Tengah. Massa berbondong-bondong mendatangi lokasi sejak pukul 06.30. Mereka datang dengan berbagai kendaraan dan atribut dukungan.

Namun, pada pukul 07.30, hujan mengguyur lokasi acara. Massa yang sudah berada di lapangan tetap bertahan. Mereka rela hujan-hujanan. Sebagian sudah mempersiapkan diri memakai jas hujan dan payung.

Acara terus dilanjutkan dengan penampilan musik yang dibawakan berbagai grup band. Di luar Benteng Vastenburg, Ganjar-Mahfud mengikuti kirab budaya hingga menyaksikan pameran mural yang menggambarkan ekspresi dan harapan untuk paslon nomor urut 3 itu.

Hadir Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum DPP Perindo Hary Tanoesoedibjo, Ketua Umum DPP Hanura Oesman Sapta Odang, dan Plt Ketum PPP M. Mardiono. Hadir pula Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid dan jajaran Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud.

Ganjar membakar semangat para pendukungnya. Dia menyatakan, Solo adalah basis PDI Perjuangan (PDIP) dan akan tetap menjadi kandang banteng. ”Solo spesial. Mohon izin untuk partai-partai lain, memang kandang PDIP ada di sini,” kata Ganjar dalam sambutannya. Mantan gubernur Jawa Tengah dua periode itu mengajak para pendukung menunjukkan kekuatan bersama.

Menurut dia, Solo mempunyai cara dan gaya sendiri. Jawa Tengah memiliki kekuatan sendiri. ”Dan, ditunjukkan dalam kampanye terakhir hari ini (kemarin) di Solo dan Semarang,” ungkapnya.

Ganjar menuturkan, dirinya melihat mata rakyat yang penuh harap dan semangat. Menurut dia, seorang pemimpin harus amanah dalam mendengarkan suara rakyat. Jadi, seorang pemimpin tidak harus diteriaki. Pemimpin juga tidak boleh diam ketika ada teriakan-teriakan dari rakyat.

Mantan anggota DPR itu berpesan agar rakyat memilih dengan hati nurani. ”Saya ingin berpesan kepada keluarga saya di Solo Raya, suara rakyat, suara panjenengan akan menentukan nasib bangsa ini,” bebernya.

Selesai berkampanye di Solo, Ganjar-Mahfud dan para ketua umum partai politik langsung menuju Semarang. Mereka menghadiri kampanye akbar Hajatan Rakyat di Lapangan Pancasila, Simpang Lima. Massa berjubel di lapangan di jantung kota Semarang tersebut.

Walau acara diadakan pada sore hari, ratusan ribu pendukung Ganjar-Mahfud berdatangan sejak pagi. Tidak hanya berasal dari Semarang, mereka juga datang dari berbagai kota di Jawa Tengah. Lautan manusia itu tidak sabar memenangkan capres-cawapres mereka pada 14 Februari mendatang.

Ganjar menjelaskan, dirinya dan Mahfud datang ke Semarang untuk menutup proses kampanye dan ingin mendengarkan suara rakyat. Ganjar lantas memanggil tiga orang ke atas panggung. Ketiganya adalah perwakilan penyandang disabilitas, penggiat UMKM, dan perwakilan anak muda yang merupakan alumnus SMK Jawa Tengah. Mereka bergantian menyampaikan aspirasi kepada Ganjar-Mahfud.

Ganjar menegaskan, pihaknya akan terus memberikan perhatian kepada kaum difabel, UMKM, dan anak-anak muda, khususnya di bidang pendidikan. Selama menjadi gubernur Jawa Tengah dua periode, dia sudah membuktikannya. Menurut dia, penyandang disabilitas harus mendapatkan keadilan dan kesetaraan. Penggiat UMKM harus memperoleh pembinaan, akses pembiayaan, dan pemasaran. ”Sampai bisa ekspor ke berbagai negara,” tegasnya.

Ganjar-Mahfud memiliki sejumlah program andalan. Yaitu, satu keluarga miskin satu sarjana serta satu kelurahan satu fasilitas kesehatan (faskes) dan satu tenaga kesehatan (nakes). Keduanya juga berjanji menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya.

Ganjar menegaskan, semua itu akan terwujud jika Ganjar-Mahfud terpilih menjadi capres dan cawapres. (lum/c14/oni)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #ganjar #kobarkan #semangat #kandang #banteng

KOMENTAR