VIDEO Keberadaan Gibran yang Tidak Hadir Saat Prabowo Panggil Calon Menteri ke Kertanegara
21:32
15 Oktober 2024

VIDEO Keberadaan Gibran yang Tidak Hadir Saat Prabowo Panggil Calon Menteri ke Kertanegara

Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto memanggil para calon menterinya ke kediamannya di Kertanegara IV, Jakarta Selatan pada Senin (14/10/2024).

Ada 49 tokoh dari kalangan politik hingga tokoh profesional yang dipanggil Prabowo ke kediamannya kemarin.

Namun, Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka terpantau tidak hadir saat Prabowo memanggil puluhan calon menteri secara maraton pada Senin kemarin

Presiden dan wakil presiden terpilih hasil pilpres 2024, Prabowo-Gibran akan dilantik pada Minggu (20/10/2024).

Enam hari jelang pelantikan, Prabowo pun memanggil 49 calon menteri yang akan membantunya untuk periode 2024 - 2029.

Diantaranya Ketua Ketua DPP Partai Gerindra Prasetyo Hadi, Wakil Ketua Umum Gerindra Sugiono, Istri mantan Direktur Utama Indika Energy Wishnu Wardhana, Widiyanti Putri Wardhana, Pegiat HAM, Natalius Pigai.

Kemudian Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon, Politikus Golkar, Nusron Wahid hingga Sekjen PBNU, Saifullah Yusuf.

Prabowo menyatakan sebelum pemanggilan kemarin, tokoh-tokoh tersebut telah menyatakan bersedia untuk membantu pemerintahannya lima tahun mendatang.

Kemudian pada pemanggilan kemarin, Prabowo ingin kembali mengonfirmasi ketersedian para kandidat menteri tersebut.

Prabowo pun menyatakan semua tokoh yang diundang di kediamannya telah menyatakan sanggup membantu dirinya dalam menyukseskan pemerintahan mendatang.

Maruarar Sirait, satu di antara calon menteri yang kemarin dipanggil mengaku bertemu langsung dengan Prabowo yang ditemani oleh Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, dan putra semata wayang Prabowo, Didiet Prabowo.

Dalam pertemuan itu, kata Ara, demikian sapaanya, ia diminta oleh Prabowo untuk bekerja keras.

Dia pun berharap dirinya bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Sementara itu Gibran tidak terlihat saat Prabowo memanggil para calon menterinya.

Gibran justru memiliki agenda bertemu dengan para Pimpinan MPR RI di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (14/10/2024).

Ketua MPR Ahmad Muzani mengatakan pertemuan tersebut bertujuan untuk menyerahkan undangan pelantikan untuk 20 Oktober 2024.

Sebelum menemui Gibran, para pimpinan MPR sudah terlebih dahulu menyerahkan undangan kepada Prabowo, Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Seusai menerima kunjungan pimpinan MPR RI, Gibran menyatakan menyerahkan sepenuhnya terkait susunan menteri kabinet kepada Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih. 

Putra sulung Presiden Jokowi itu mengatakan telah mendapat sedikit bocoran soal susunan menteri pilihan Prabowo ketika makan siang bersama Prabowo dan Jokowi di Solo, Minggu (13/10/2024) lalu. 

Ditanya soal rencananya menemui para calon menteri pilihan Prabowo, Gibran pun enggan bicara banyak. 

Ia hanya meminta publik menunggu pengumuman resmi susunan menteri pada 20 Oktober 2024 seusai pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. 

Partai Gerindra mengungkap alasan Wapres RI terpilih, Gibran tidak ikut saat Prabowo memanggil kandidat menteri di kediamannya kemarin.

Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan Gibran nantinya tetap akan diundang dalam acara pembekalan calon menteri yang akan digelar di rumah Prabowo di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Namun, kata Dasco, pihaknya tidak merinci secara detil waktu acara itu digelar.

Sementara itu Prabowo bakal memanggil lagi para calon menteri, calon wakil menteri (wamen), dan calon kepala badan di kediamannya Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, hari ini, Selasa (15/10/2024) mulai pukul 14.00 WIB.

Kemudian Presiden terpilih Prabowo Subianto akan memberi pembekalan kepada menteri-menteri di kabinetnya usai pelantikan.

Rencananya, pembekalan terhadap menteri-menteri di Kabinet Prabowo akan dilakukan di Magelang, Jawa Tengah.(*)

Editor: Srihandriatmo Malau

Tag:  #video #keberadaan #gibran #yang #tidak #hadir #saat #prabowo #panggil #calon #menteri #kertanegara

KOMENTAR