Adu Visi Misi 3 Cagub DKI Jakarta di Debat Pertama, Siapa yang Lebih Unggul?
Adu Visi Misi 3 Cagub DKI Jakarta (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww)
17:56
9 Oktober 2024

Adu Visi Misi 3 Cagub DKI Jakarta di Debat Pertama, Siapa yang Lebih Unggul?

Tiga pasangan calon (paslon) memaparkan visi misi mereka dalam debat perdana Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2024 yang berlangsung di JIExpo Kemayoran pada Minggu, (6/10/2024). Ini dia adu visi misi 3 Cagub DKI Jakarta.

Tema debat yang diusung dalam pilkada DKI Jakarta 2024 yaitu "Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global,". Momen ini sekaligus jadi panggung bagi Ridwan Kamil-Suswono (nomor urut 1), Dharma Pongrekun-Kun Wardana (nomor urut 2), dan Pramono Anung-Rano Karno (nomor urut 3) untuk memaparkan visi dan misi mereka.

Adu Visi Misi 3 Cagub DKI Jakarta

Masing-masing paslon memiliki visi dan misi yang berbeda untuk memimpin Jakarta 5 tahun ke depan. Berikut di antaranya:

Baca Juga: Fix! NasDem Resmi Usung Anies Baswedan Maju Pilkada Jakarta

1. Ridwan Kamil-Suswono (nomor urut 1)

Pasangan calon nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) mengusung visi menjadikan DKI Jakarta sebagai kota global yang cerdas, kompetitif, dan berkelanjutan. Pasangan ini menekankan tentang pentingnya pemanfaatan teknologi digital guna meningkatkan kualitas hidup serta kesejahteraan ekonomi warga Jakarta.

RIDO ingin Jakarta jadi kota cerdas (smart city) dengan layanan publik yang lebih cepat, efisien, dan transparan dengan meningkatkan integrasi digital. Tak hanya itu, pasangan calon ini juga memiliki tujuan meningkatkan investasi asing untuk memperkuat ekonomi lokal, dengan cara mendorong perkembangan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Sebagai solusi masalah kemiskinan, paslon nomor satu berencana mengadakan job fair secara rutin di kecamatan dan pelatihan kerja bersertifikat di Balai Latihan Kerja yang lebih unggul dan modern.

Sementara, di bidang pendidikan, kedua pasangan calon berjanji menyediakan beasiswa kuliah yang dijamin siswa sampai lulus tanpa verifikasi tahunan. Adapun kebijakan ini diterapkan dengan tujuan untuk mendukung program wajib belajar 12 tahun tanpa beban biaya, memastikan semua warga memiliki tarag pendidikan yang setara dan berkualitas. Selain itu Ridwan Kamil dam Suwono juga berencana membangun tempat penitipan anak di pusat- kantor pusat guna mempermudah para pekerja, terutama perempuan.

Baca Juga: Namanya Diusulkan jadi Cagub DKI Jakarta, Ahok Ngaku Tak Pernah 'Dicolek' PSI

2. Dharma Pongrekun-Kun Wardana (nomor urut 2)

Pasangan calon nomor urut 2, Dharma Pongrekun-Kun Wardana memiliki visi yang lebih fokus pada pembangunan yang berkelanjutan serta kesejahteraan sosial. Mereka mengklaim akan membangun kota yang tidak hanya maju secara fisik, namun juga mampu memberikan keadilan sosial bagi seluruh warganya. Mereka memastikan bahwa pembangunan yang dilakukan harus mempertimbangkan dampaknya terhadap warga kecil dan lingkungan.

Jika terpilih, paslon ini akan membangun perumahan terjangkau bagi penduduk rendah, meningkatkan kualitas layanan kesehatan, hingga memperbaiki akses pendidikan terutama bagi masyarakat miskin.

3. Pramono Anung-Rano Karno (nomor urut 3)

Sedangkan, pasangan calon nomor urut tiga, Pramono Anung-Rano Karno mengusung visi yang berfokus pada keinginan lingkungan serta kemandirian teehadap sumber energi. Pramono Anung-Rano Karno menekankan bahwa salah satu tantangan terbesar yang dihadapi Jakarta saat ini adalah kerusakan lingkungan dan ketergantungan pada energi fosil. 

Mereka mengaku akan menjadikan Jakarta sebagai kota pelopor dalam penggunaan energi terbarukan. Adapun caranya yaitu mendorong penggunaan energi surya, meningkatkan penghijauan, dan memperbaiki pengelolaan limbah. Selain itu, paslon no 3 juga berjanji untuk mengurangi polusi udara dan memperbaiki sistem transportasi umum supaya lebih ramah lingkungan. 

Menurut mereka, transformasi kota harus memastikan adanya kelestarian lingkungan. Sehingga mereka menekankan tiap pembangunan tanpa merusak alam dan mengutamakan keseimbangan ekosistem.

Demikian adu visi misi 3 Cagub DKI Jakarta. Masing-masing paslon memiliki strategi selama memimpin Jakarta 5 tahun ke depan.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Vania Rossa

Tag:  #visi #misi #cagub #jakarta #debat #pertama #siapa #yang #lebih #unggul

KOMENTAR