Tanggal 9 Oktober Memperingati Hari Apa? Berikut Informasinya!
Hari Hangeul Korea, salah satu momentum yang diperingati tiap tanggal 9 Oktober. (90daykorean.com)
08:00
9 Oktober 2024

Tanggal 9 Oktober Memperingati Hari Apa? Berikut Informasinya!

 

Suatu momentum tertentu pastinya akan diulang tiap berganti tahun.

Begitupun setiap bulannya, peringatan momentum akan berbeda-beda dan menyesuaikan dengan tanggal dan bulannya.

Lantas 9 Oktober merupakan hari apa? Jatuh pada Rabu, 9 Oktober 2024 terdapat beberapa peringatan kelas Internasional.

Berikut jajaran peringatan momentum tiap tanggal 9 Oktober tiap tahunnya.

Hari Surat Menyurat Internasional

Hari surat menyurat Internasional atau yang dikenal sebagai ‘World Post Day’ diperingati setiap tanggal 9 Oktober tiap tahunnya.

Momentum ini pertama kali dideklarasikan oleh Kongres Pos Sedunia tahun 1969 di Tokyo sebagai momentum  peringatan Ulang Tahun Penciptaan Persatuan Pos Sedunia.

Hari surat menyurat sedunia menjadi momentum penting yang bisa menghubungkan antara masa lalu dengan masa depan melalui sistem komunikasi global yang bersifat dinamis.

Dengan diadakannya peringatan Hari Surat Menyurat sedunia ini bertujuan unntuk menghargau peran krusial pos yang telah berperan penting dalam menyediakan fasilitas komunikasi antar negara.

Meskipun peran pos sudah banyak tergantikan perannya oleh teknologi modern, peringatan ini tetap dilakukan untuk mengenang jasa masa jaya  pos yang telah memfasilitasi komunikasi pada masa lalu.

Hari Hangeul Korea

Dilansir dari laman 90 Day Korean pada (8/10), Hari Hangeul merupakan hari libur di Korea Selatan untuk memperingati Alfabet Korea setiap tanggal 9 Oktober tiap tahunnya.

Hari Hangeul juga biasa disebut sebagai Hangul, Hangeulnal dalam bahasa Korea dan juga dikenal sebagai Hari Proklamasi Hangeul.

Peringatan ini ditetapkan pada tahun 1926 namun benar-benar diperingati sejak tahun 1945 yang ditandai dengan warna merah di kalender mereka.

Warga Korea kebanyakan merayakan peringatan Hari Hangeul dengan mengunjungi museum Raja Sejong dan juga bisa dengan mempelajari Hangeul.

Mengingat, sebenarnya alfabet Korea hanya memerlukan waktu dua jam untuk dipelajari dan memungkinkan untuk sekaligus membaca tanda-tanda Korea serta meningkatkan pelafalan.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tanggal #oktober #memperingati #hari #berikut #informasinya

KOMENTAR