Persiapan Haji 2025, CJH Diminta Mulai Urus Paspor
Ilustrasi ibadah Haji. (Dimas Pradipta/JawaPos.com)
14:24
6 Oktober 2024

Persiapan Haji 2025, CJH Diminta Mulai Urus Paspor

– Nama-nama calon jemaah haji (CJH) 2025 sampai kemarin belum diumumkan oleh Kementerian Agama (Kemenag). Namun, proses pengurusan paspor sudah bergulir. CJH yang masuk estimasi keberangkatan 2025 dan belum punya paspor dianjurkan mulai mengurus di kantor imigrasi setempat.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag Saiful Mujab menjelaskan, nama-nama CJH yang berangkat 2025 memang belum diedarkan. "Tapi untuk antisipasi, (pengurusan) paspor sudah dimulai di beberapa daerah," katanya kemarin (5/10). Daerah yang sudah mengurus paspor CJH adalah Kab Tabalong, Kalimantan Selatan. Kemudian, Kabupaten Tuban, Polewali Mandar, dan Kudus. Pembuatan paspor tersebut diharapkan tuntas pada Desember ini.

Saiful menegaskan, pada prinsipnya, CJH yang belum punya paspor atau paspornya mati sebaiknya segera mengurus. Dengan begitu, tidak akan mengganggu persiapan lainnya. "Apalagi usia paspor sekarang 10 tahun," jelasnya.

Sementara itu, Juru Bicara Kemenag Sunanto menuturkan, persiapan haji 2025 terus bergulir. Dia mengatakan, sejak awal September lalu Kemenag sudah menjalankan sejumlah persiapan penyelenggaraan ibadah haji. Kunjungan Menag Yaqut Cholil Qoumas di Arab Saudi beberapa waktu lalu juga terkait dengan persiapan haji tahun depan. (wan/c6/oni)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #persiapan #haji #2025 #diminta #mulai #urus #paspor

KOMENTAR