Jokowi Akui Progres Penguatan TNI Semakin Baik saat HUT ke-79 TNI
Presiden Joko Widodo bersama Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memeriksa pasukan dalam upacara HUT ke-79 di Jakarta. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)
12:40
5 Oktober 2024

Jokowi Akui Progres Penguatan TNI Semakin Baik saat HUT ke-79 TNI

 - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan kembali bahwa Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto telah berhasil menjalankan tugas. Menurut dia, Prabowo sudah berhasil meningkatkan kekuatan dan kemampuan TNI sebagai institusi militer Indonesia.

Penegasan tersebut disampaikan oleh Jokowi pada acara puncak peringatan HUT ke-79 TNI di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat pada Sabtu (5/10).

Karena itu, Jokowi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Prabowo. “Secara khusus saya juga ingin menyampaikan terima kasih kepada Menteri Pertahanan Bapak Jenderal TNI Purnawirawan Prabowo Subianto, sekaligus sebagai presiden terpilih, yang telah meningkatkan kekuatan pertahanan Indonesia,” ungkap Jokowi.

Sepanjang Prabowo menjadi menhan, TNI memang mendapat sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) baru. 

Tidak hanya alutsista untuk TNI AD, TNI AL dan TNI AU juga mendapat sejumlah alutsista baru. Bahkan TNI AU kini tengah menunggu kedatangan 42 pesawat tempur generas 4.5, Dassault Rafale, yang dibeli oleh Pemerintah Indonesia dari Perancis. Sementara TNI AL tengah menunggu sejumlah kapal perang baru yang didatangkan dari luar negeri maupun dibeli oleh Kemhan dari industri pertahanan (inhan) dalam negeri.

Meski begitu, Presiden Jokowi tetap mengharapkan agar kedepannya TNI terus diperkuat. Peningkatkan kemampuan dan kekuatan TNI saat ini tidak lantas menghentikan evaluasi dan perbaikan untuk menjadikan TNI semakin  hebat.

”Masih banyak yang perlu dievaluasi, diperbaiki. Tetapi, saya melihat progresnya sangat baik,” kata presiden yang juga pernah menjadi gubernur Jakarta tersebut. 

Dalam acara puncak HUT ke-79 TNI di Lapangan Silang Monas, Mabes TNI mengerahkan seratus ribu prajurit dari tiga matra TNI. Selain itu, mereka menampilkan lebih dari seribu alutsista dari tiga matra. Tahun ini, menjadi momen terakhir Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara dalam HUT TNI. Sebab, pada 20 Oktober 2024 nanti, Jokowi akan digantikan oleh Prabowo sebagai presiden terpilih.

 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #jokowi #akui #progres #penguatan #semakin #baik #saat

KOMENTAR