Dibebaskan OPM Setelah Tersandera 19 Bulan, Ini Profil Lengkap Philip Mehrtens
Pilot Susi Air Philip Mehrtens Dibebaskan oleh OPM (Dok. Polri)
13:04
23 September 2024

Dibebaskan OPM Setelah Tersandera 19 Bulan, Ini Profil Lengkap Philip Mehrtens

Philip Mehrtens sedang jadi sorotan publik usai disandera OPM (Organisasi Papua Merdeka). Bagi yang ingin mengenal sosoknya, berikut ini  profil Philip Mehrtens lengkap dengan biodata, dan kronologi penangkapan sampai bebas.

Sebelumnya diberitakan, sejak Februari 2023 lalu pilot Philip Mehrtens disandera pasukan OPM. Setalah 19 bulan disandera, Philip Mehrtens akhirnya dibebaskan dan dijemput tim TNI-Polri di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, untuk diterbangkan ke Timika pada Sabtu (21/9/2024).

Pilot Susi Air Philip Mehrtens Dibebaskan oleh OPM (Dok. Polri)Pilot Susi Air Philip Mehrtens Dibebaskan oleh OPM (Dok. Polri)

Setibanya di Timika, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 Kombes Bayu Suseno menyampaikan bahwa Philip  Mehrtens dalam kondisi sehat. Meski demikian, dia juga menyampaikan bahwa akan dilakukan pemeriksaan terhadap psikologis Philip.

“Kami berhasil menjemput Pilot Philip dalam keadaan sehat,"  tutur Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 Kombes Bayu Suseno

Baca Juga: OPM Diklaim Tak Minta Imbalan Pembebasan Pilot Philip Mehrtens, Kok Bisa?

Mungkin masih banyak yang belum tahu sosok pilot asal Selandia Baru tersebut. Nah untuk selengkapnya, berikut ini profil Philip Mehrtens lengkap dengan biodata, dan kronologi penangkapan sampai bebas.

Profil Philip Mehrtens

Philip Mehrtens atau yang memiliki nama Philip Mark Mehrtens ini merupakan pria berusia sekitar 38 tahun yang berasal dari Selandia Baru. Philip tercatat sebagai pilot terbaik di Tanah Air dan saat ini Ia bekerja di Susi Air.

Diketahui bahwa Philip mengawali kariernya sebagai pilot di Tanah Air dengan bekerja di Susi Air. Namun tahun 2015 ia berhenti dan pindah ke Air Land. Kemudian pada tahun 2020, Philip kembali lagi ke Susi Air. Jika dikalkulasikan, setidaknya Philip sudah 10 tahun di Susi Air.

 "Philip Mehrtens saya ingat sebelum resign 2015, ia adalah pilot terbaik dari saya, kemudian ia resign ke airland, namun 2020 kembali lagi ke Susi Air saat Covid-19, hampir 10 tahun dia bekerja dengan saya." Ucap Susi dalam wawancara pada 1 Maret 2023.

Baca Juga: Dibebaskan OPM, Ini Kata-kata Pertama Pilot Susi Air Philip Mehrtens

Philip Mehrtens tercatat pernah menempuh pendidikan di Akademi Penerbangan Internasional, Bandara Christchurch. Usai menuntaskan pendidikannya, Philip mulai kerja sebagai di Susi Air sebagai pilot. Pilot tercatat memiliki pengalaman kerja 8 tahun di luar negeri sebagai pilot.

Biodata Philip Mehrtens

  • Nama Lengkap: Philip Mark Mehrtens
  • Kewarganegaraan: Selandia Baru
  • Usia: 38 tahun
  • Tempat Lahir: Christchurch, Selandia Baru
  • Status Perkawinan: Menikah dengan wanita asal Indonesia

Kronologi Penangkapan Philip Mehrtens Sampai Bebas

Philip menjadi korban penyanderaan oleh OPM sejak tanggal 7 Februari 2023. Saat itu, Philip sedang menjalankan pesawat Susi Air di Papua. OPM lantas menangkap Philip sebagai bentuk protes ke pemerintah Indonesia dan menuntut kemerdekaan Papua.

Penyanderaan Philip berlangsung 1,5 tahun hingga dibebaskan pada 21 September 2024. Misi pembebasan Philip dilakukan tim gabungan TNI-Polri yang disebut tim Paro dan Damai Cartenz. Philip sukses dibebaskan alam kondisi sehat.

Demikian ulasan mengenai profil Mehrtens lengkap dengan biodata, dan kronologi penangkapan sampai bebas. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #dibebaskan #setelah #tersandera #bulan #profil #lengkap #philip #mehrtens

KOMENTAR