Program Makan Bergizi Gratis Prabowo-Gibran Didukung Sistem Karya Anak Bangsa
Sejumlah siswa sekolah dasar melaksanakan uji coba makan bergizi gratis di SDN 04 dan 05 Sukasari, Kota Tangerang. (HANUNG HAMBARA/JAWA POS)
07:41
21 September 2024

Program Makan Bergizi Gratis Prabowo-Gibran Didukung Sistem Karya Anak Bangsa

- Program makan bergizi gratis presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka bagi anak-anak sekolah sudah mulai diujicoba di dibeberapa titik. Program tersebut didukung oleh QRUPI yakni QR untuk Pelajar Indonesia, sebuah aplikasi sistem pendidikan karya anak bangsa yang fokus terhadap presensi, penilaian perilaku baik hingga monitoring makan bergizi gratis.

Dukungan yang dilakukan QRUPI berupa pengawasan dengan cara melakukan demo monitoring saat berlangsungnya pembagian makan bergizi gratis di SMP 161 Jakarta Selatan terhadap total 949 siswa. Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule berharap kepada segenap elemen masyarakat untuk mendukung sukses berkelanjutan atas program makan bergizi gratis untuk anak sekolah dan ibu hamil ini.

"Program makanan bergizi memiliki dampak jangka panjang yang positif terhadap kesehatan anak-anak. seperti peningkatan kesehatan fisik yang sekaligus dapat menekan angka prevalensi stunting secara lebih agresif, sehingga anak-anak tumbuh dengan lebih sehat dan tinggi, bahkan makanan bergizi yang diberikan di sekolah dapat mengurangi anemia pada anak-anak, yang merupakan masalah gizi yang umum di kalangan remaja," kata Iwan.

Multiple effect lainya dari program ini adalah peningkatan kualitas pendidikan. Di mana kedepannya akan meningkatkan kehadiran siswa serta meningkatkan kebiasaan pola makan sehat.

"Sehingga mencegah obesitas dan potensi penyakit di masa dewasa, meningkatkan kesehatan mental, mengurangi gangguan pola makan, mengurangi risiko penyakit jangka panjang serta mengurangi risiko kanker dalam jangka panjang," tandasnya.

Sementara, Ansari Kadir, selaku Direktur Utama PT Jaxer Sumitra Nusantara yang membawahi QRUPI mengaku senang dapat terlibat sekaligus mendukung program besar ini. Terlebih, program ini bertujuan untuk menurunkan angka stunting di Indonesia dan menciptakan generasi muda yang unggul dan kompeten.

Pria yang akrab disapa Arie itu menyebut, QRUPI sebagai solusi dalam pengawasan jalannya pembagian makan gratis bergizi bagai anak sekolah.

"Kami senang dapat terlibat di sini yang fokus terhadap presensi, penilaian perilaku baik serta monitoring makan bergizi gratis. Kehadiran QRUPI di SMP 161 Jakarta Selatan ini sebagai bentuk pengawasan sekaligus demo monitoring berjalannya program Prabowo-Gibran terkait makan bergizi gratis ini," ungkap Arie, Sabtu (21/9).

"Adanya QRUPI ini sebagai solusi untuk mengawasi serta memonitoring pembagian makanan bergizi gratis, mempermudah guru, mempermudah orang tua untuk memantau, hingga mempermudah dinas terkait dalam memonitoring," tambahnya.

Menurut Arie, ini bukan baru pertama kali melakukan pengawasan dan monitoring terkait program makan bergizi gratis. Sebelumnya, pihaknya sudah melakukan hal serupa terhadap puluhan sekolah lainnya.

"Kegiatan ini sudah dilakukan di 20 sekolah lainnya dan semua responnya positif terhadap hasil monitoring yang kami lakukan dan masih ada 15 sekolah lainnya yang akan berjalan di bulan Oktober mendatang," tuturnya.

Tidak hanya memonitoring kelancaran program makan bergizi gratis, Arie mengatakan jika sistem QRUPI ini dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan memudahkan guru dan orang tua dalam memantau perkembangan anak didik, hingga dapat membantu mengatasi masalah klasik pelajar seperti kedisiplinan saat proses pembelajaran.

"QRUPI merupakan inovasi penting dalam dunia pendidikan Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memudahkan proses pembelajaran," tutupnya.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #program #makan #bergizi #gratis #prabowo #gibran #didukung #sistem #karya #anak #bangsa

KOMENTAR