Budi Arie Bela Kaesang Soal Jet Pribadi, IM57+: Posisi Dia Pejabat Publik, Bukan Tim Kampanye
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi di Istana Kepresidenan Jakarta. (Suara.com/Novian)
12:24
12 September 2024

Budi Arie Bela Kaesang Soal Jet Pribadi, IM57+: Posisi Dia Pejabat Publik, Bukan Tim Kampanye

IM57+ Institute menanggapi bernyataan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi soal pesawat jet yang digunakan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep.

Ketua IM57+ Institute M Praswad Nugraha menyebut Budi Arie seperti tim kampanye Kaesang dan tidak mencerminkan sikap sebagai pejabat publik.

"Budi Arie harusnya memahami posisi dia sebagai pejabat publik dan bukan sebagai Tim Kampanye Kaesang sehingga segala pernyataannya harus mencerminkan integritas sebagai seorang Menteri Republik Indonesia sekaligus pejabat publik," kata Praswad melalui keterangannya, Kamis (12/9/2024).

Dia juga mempertanyakan pernyataan Budi yang menyebutkan bahwa Istri Kaesang, Erina Gudono naik pesawat jet pribadi karena sedang hamil 8 bulan.

Baca Juga: Kisruh Jet Pribadi Kaesang, Menanti Sikap Gentleman Seorang Jokowi

Sebab, Praswad menilai pernyataan Budi itu justru mengaburkan substansi perkara hukum terkait dugaan gratifikasi pada penggunaan jet pribadi.

"Publik mempersoalkan terkait dengan dugaan gratifikasi, bukan kelayakan seseorang yang sedang mengandung untuk terbang, karena ini bukan isu personal, tetapi merupakan isu publik di mana sejauh mana keluarga dari pejabat publik wajib memberikan laporan atas setiap dugaan gratifikasi yang diterima/dinikmatinya," tutur Praswad.

Menurut dia, pernyataan Budi seolah memberikan pesan bahwa pejabat publik boleh melakukan apapun, dan pejabat publik dapat tetap menggunakan posisinya untuk menyampaikan berbagai statement yang menyesatkan publik.

"Apakah memang seluruh wanita yang sedang mengandung di Indonesia bisa mendapatkan keistimewaan yang sama dengan saudari Erina?" kata Praswad.

Sebelumnya, Budi Arie menyampaikan opini yang membela Kaesang dan Erina meski sedang disorot publik terkait dugaan gratifikasi penggunaan pesawat jet.

Baca Juga: Kaesang dan Gibran: Keduanya 'Menghilang' dari Media Sosial, Terakhir Gibran Bagikan Susu

"Nggak ada (gratifikasi), dia kan pribadi. Nah itu dari temen-nya," kata Budi ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2024).

Dia mengatakan, jika penggunaan jet pribadi dilakukan lantaran istri Kaesang, Erina Gudono sedang mengandung sehingga tak boleh menggunakan pesawat komersil.

"Pokoknya udah-lah. Satu, istrinya Mas Kaesang itu kan hamil sudah 8 bulan. Kan nggak boleh naik angkutan umum, pesawat umum mana boleh?," katanya.

Untuk itu, kata dia, penggunaan pesawat jet bukan merupakan gratifikasi. Apalagi, kata dia, Kaesang bukan merupakan pejabat publik.

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #budi #arie #bela #kaesang #soal #pribadi #im57 #posisi #pejabat #publik #bukan #kampanye

KOMENTAR