Beredar Salinan Mutasi 130 Perwira TNI: Pangkogabwilhan I, Jampidmil dan 2 Pangdam Diganti
Beredar salinan dokumen Surat Keputusan Panglima TNI nomor Kep/1080/IX/2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI pada Kamis (12/9/2024). 
12:18
12 September 2024

Beredar Salinan Mutasi 130 Perwira TNI: Pangkogabwilhan I, Jampidmil dan 2 Pangdam Diganti

Beredar salinan dokumen Surat Keputusan Panglima TNI nomor Kep/1080/IX/2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI pada Kamis (12/9/2024).


Dalam salinan dokumen tersebut termuat di bagian memperhatikan di antaranya sidang Wanjakti tanggal 18 Juli 2024 dan pertimbangan Pimpinan TNI.


Di sana juga tertera dokumen ditetapkan pada 11 September 2024 dengan tanda tangan dan cap Kepala Sekretariat Umum TNI Brigjen TNI Riksani Gumay.


Sedangkan di bagian kolom tanda tangan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto belum ditandatangani.


Di dala salinan tersebut termuat mutasi, rotasi, dan promosi sebanyak 130 Perwira TNI di mana di antaranya terdapat jabatan strategis di antaranya:


Pangkogabwilhan I dari yang sebelumnya dijabat Laksdya Agus Hariadi, kini ditunjuk Laksda Rachmad Jayadi yang sebelumnya menjabat Pa. Sahli Tk.III Bid. Banusia Panglima TNI.


Laksdya Agus Hariadi kini ditunjuk menjabat Sesjen Wantannas yang sebelumnya dijabat Laksdya TSNB Hutabarat.


Laskdya TSNB Hutabarat kini ditunjuk sebagai dosen tetap Unhan.


Jabatan Jaksa Agung Muda Pidana Militer (Jampidmil) yang sebelumnya dijabat Mayjen Wahyoedho Indrajit, kini ditunjuk Mayjen Mokhamad Ali Ridho yang sebelumnya menjabat senagai Orjen TNI.


Mayjen Wahyoedho Indrajit kini ditunjuk sebagai Staf Khusus KSAD.


Selain itu, terdapat dua Pangdam yang juga diganti.


Pangdam III Siliwangi yang sebelumnya dijabat Mayjen Mohammad Fadjar, kini ditunjuk Mayjen Dadang Arif Abdurrachman yang sebelumnya menjabat Koorsahli Panglima TNI.


Mayjen Mohammad Fadjar kini ditunjuk sebagai Dankodiklat TNI yang sebelumnya dijabat Laksdya Maman Firmansyah.


Laksdya Maman Firmansyah kini ditunjuk sebagai Staf Khusus KSAL.


Kemudian Pangdam XV Pattimura yang sebelumnya dijabat Mayjen Syafrial, kini ditunjuk Mayjen Putranto Gatot Sri Handoyo yang sebelumnya menjabat Danpussenarmed.


Mayjen Syafrial kini ditunjuk sebagai Kas Kostrad.


Sementara itu, untuk jabatan Danpussenarmed ditunjuk Brigjen Agus Hadi Waluyo yang sebelumnya menjabat Waaspers Panglima TNI.


Sekretaris BAIS TNI yang sebelumnya dijabat Laksda Ardiansyah, kini ditunjuk Mayjen Bosco Haryo Yunanto yang sebelumnya menjabat Pa Sahli KSAD TK.III Bid. Jahpers.


Laksda Ardiansyah kini ditunjuk sebagai Pa Sahli TK.III Bid. Ekkudag Panglima TNI.


Pangdivif 2 Kostrad yang sebelumnya dijabat Mayjen Anton Yuliantoro, kini ditunjuk Brigjen Susilo yang sebelumnya menjabat Kakordos Seskoad.


Mayjen Anton Yuliantoro kini menjabat Pa Sahli Tk.III KSAD Bid. Komsos.


Danrem 031/BW Pekanbaru Kodam I BB yang sebelumnya dijabat Brigjen Dany Rakca Andalasawan, kini ditunjuk Brigjen Sugiyono yang sebelumnya menjabat Kapoksahli Pangdam III Siliwangi.


Brigjen Dany Rakca Andalasawan kini ditunjuk sebagai Danpuslatpur Kodiklatad.


Danrem 033/WP Tanjung Pinang Kodam I BB yang sebelumnya dijabat Brigjen Jimmy Watuseke, kini ditunjuk Brigjen Bambang Herqutanto yang sebelumnya menjabat Asintel Kaskogabwilhan I.


Brigjen Jimmy Watuseke kini ditunjuk sebagai Asintel Kaskogabwilhan I.


Danlantamal V Surabaya Koarmada II yang sebelumnya dijabat Brigjen (Mar) Joni Sulistiawan, kini ditunjuk Kolonel Laut (P) Arya Delano yang sebelumnya menjabat Dandenma Mabesal.


Brigjen (Mar) Joni Sulistiawan kini ditunjuk sebagai Dirlat Kodiklatal.


Danpasmar 2 Kormar yang sebelumnya dijabat Brigjen (Mar) Muhammad Nadir, kini ditunjuk Kolonel Mar Nanang Saefulloh yang sebelumnya menjabat Asops Dankormar.


Brigjen (Mar) Muhammad Nadir kini ditunjuk sebagai Wadan Kormar.


Danlanud Halim Perdanakusuma Jakarta yang sebelumnya dijabat Marsma Destianto Nugroho Utomo, kini ditunjuk Kolonel Pnb Muzafar yang sebelumnya menjabat Paban V/RB Srenaau.


Marsma Destianto Nugroho Utomo kini ditunjuk ssbagai Staf Khusus KSAU.


Danlanud Sam Ratulangi Manado yang sebelumnya dijabat Marsma Ramot Christian Parlindungan, kini ditunjuk Marsma Antariksa Anondo yang sebelumnya menjabat Staf Khusus KSAU.


Marsma Ramot Christian Parlindungan kini ditunjuk sebagai Staf Khusus KSAU.


Tribunnews.com telah berupaya mengkonfirmasi perihal tersebut kepada Kapuspen TNI Mayjen Hariyanto melalui pesan Whats App pada Kamis (12/9/2024) pukul 10.32 WIB.


Namun Hariyanto belum memberikan jawaban hingga berita ini tayang.

Editor: Muhammad Zulfikar

Tag:  #beredar #salinan #mutasi #perwira #pangkogabwilhan #jampidmil #pangdam #diganti

KOMENTAR