Bagaimana Cara Cek Penerima PIP? Simak Tutorial Lengkap Ini Yuk
Cek Penerima PIP. (Dok Tangkapan Layar/Kemendikbud)
11:28
11 September 2024

Bagaimana Cara Cek Penerima PIP? Simak Tutorial Lengkap Ini Yuk

PIP dikabarkan akan segera cair pada bulan September 2024. Lantas bagaimana cara cek penerima pip? Nah untuk selengkapnya, simak berikut ini cara cek PIP lengkap dengan apa itu PIP dan besaran PIP.

Bagii yang belum tahu apa itu PIP, jadi PIP ini merupakan Program Indonesia Pintar untuk pelajar yang diberikan oleh Pemerintah. Program bantuan ini bertujuan untuk mencegah siswa putus sekolah dan dapat terus sekolah sampai selesai.

Adapun bantuan PIP ini diberikan untuk para siswa kurang mampu atau keluarga miskin yang mengalami kesusahan dalam membiayai pendidikan mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMP. Nah untuk mengetahui daftar penerima PIP, berikut ini cara cek penerima PIP.

A. Cara Cek Penerima PIP 

Baca Juga: DPR Minta Nadiem Segera Revisi Aturan soal Kenaikan UKT

Untuk mengetahui apakah namu kamu masuk dalam daftar penerima PIP atau engga, maka kamu bisa mengeceknya secara online melalui situs resmi Kemendikbud di https://pip.kemdikbud.go.id. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Pertama-tama klik link PIP Kemendikbud
  2. Lalu isi NISN dan NIK
  3. Kemudian tulis jawaban penjumlahan
  4. Selanjutnya, klik "Cek Penerima PIP"
  5. Setelah itu, status penerima PIP pun akan muncul otomatis pada layar

B. Besaran PIP 2024

Berdasarkan aturan pemerintah. ada perbedaan besaran PIP dari segi jumlah nominal yang disesuaikan dengan jenjang sekolah.  Adapun rincian nominalnya sebagai berikut:

1. SD

  • SD/SDLB/Paket A sebesar Rp450.000/tahun
  • Siswa baru/kelas akhir sebesar Rp225.000

2. SMP

Baca Juga: Profil Tjitjik Sri Tjahjandarie, Petinggi Kemendikbud Tak Terima UKT Dikritik Mahal Sebut Pendidikan Tinggi Tersier

  • SMP/SMPLB/Paket B sebesar Rp750.000/tahun
  • Siswa baru/kelas akhir sebesar Rp375.000

3. SMA

  • SMA/SMK/SMALB/Paket C sebesar Rp1.000.000/tahun
  • Siswa baru/kelas akhir sebesar Rp500.000

Perlu diketahui juga bahwa nominal bantuan yang diberikan kepada kelas awal (1 SD/7 SMP/10 SMA) serta kelas akhir (6 SD/9 SMP/12-13 SMA/SMK) ini cenderung lebih sedikit karena memang mereka hanya mengikuti satu semester.

C. Kriteria Penerima  PIP

Program Kemendikbud ini tidak semua pelajar bisa mendapatkannya. Sebab, bantuan ini memiliki syarat dan kriteria khusus. Nah untuk selengkapnya, berikut ini kriteria penerima PIP yang perlu diketahui.

  1. Pelajar pemegang KIP
  2. Dari keluarga miskin/rentan miskin

Selain dua kriteria yang disebutkan di atas, kritera penerima PIP juga bisa berasal dari keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan, Keluarga penerima manfaat Kartu Keluarga Sejahtera, Anak yatim piatu/yatim/piatu dari sekolah/panti sosial/panti asuhan.

Dalam peraturan Pemerintah, kriteria penerima PIP juga diberikan kepada pelajar korban bencana alam/musibah, siswa drop out yang diharapkan kembali sekolah, engalami gangguan fisik, memiliki lebih dari 3 saudara yang hidup serumah, dan peserta pada lembaga kursus.

Demikian ulasan mengenai cek penerima PIP lengkap dengan apa itu PIP, cara cek PIP, dan besaran PIP. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #bagaimana #cara #penerima #simak #tutorial #lengkap

KOMENTAR