Rusia Pastikan Terlibat Dalam Multilateral Naval Exercise Komodo di Bali
KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali berbincang dengan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Federasi Rusia untuk Republik Indonesia Sergei Gennadievich.  (Dispenal)
22:24
9 September 2024

Rusia Pastikan Terlibat Dalam Multilateral Naval Exercise Komodo di Bali

  Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali menerima courtesy call Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Federasi Rusia untuk Republik Indonesia Rusia Sergei Gennadievich Tolchenov di Admiral Room, Gedung Utama Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (9/9).

Melalui pertemuan itu, Rusia mengonfirmasi kehadiran mereka dalam latihan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2025 di Bali.  

Angkatan Laut mengapresiasi peran aktif Angkatan Laut Rusia atau The Russian Navy yang sudah memastikan akan mengirim pasukan dan perwakilan mereka dalam MNEK 2025 Bali. Tidak hanya itu, mereka juga akan hadir dalam International Fleet Review (IFR) dan International Maritime Security Symposium (IMSS) pada Februari tahun depan di Pulau Dewata. Menurut Ali, itu merupakan sikap positif Rusia untuk meningkatkan hubungan kerja sama dengan TNI AL.

”Saya sangat berharap pertemuan ini menjadi yang paling menyenangkan dan bermanfaat bagi kita semua serta generasi yang akan datang dan dari pertemuan ini hubungan kedua negara khususnya angkatan bersenjata, terutama Angkatan Laut kedua negara, akan meningkat dengan baik di masa depan,” ungkap orang nomor satu di TNI AL itu.

Dalam kunjungan ke Mabesal, Dubes Rusia bersama delegasi Rusia lainnya disambut oleh Laksamana Ali bersama seluruh pejabat utama Mabesal. Ali menghaturkan kepada Sergei Gennadievich Tolchenov yang ditugaskan menjadi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Federasi Rusia untuk Indonesia. Ali menegaskan bahwa Rusia merupakan salah satu negara yang memiliki Angkatan Laut yang kuat dan besar. 

Tidak hanya itu, Ali menyatakan bahwa industri pertahanan di Rusia juga maju dan mampu memproduksi alat utama sistem persenjataan (alutsista) canggih. Dia mengakui bahwa alutsista buatan Rusia masih menjadi salah satu alternatif untuk diversifikasi sebagai sumber alutsista TNI AL. Dalam pertemuan di Mabesal, mereka membaha kerja sama bidang pertahanan, ketahanan pangan dan energi, pendidikan, serta rencana beasiswa bagi pelajar Indonesia untuk belajar di Rusia.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #rusia #pastikan #terlibat #dalam #multilateral #naval #exercise #komodo #bali

KOMENTAR