3 Cara Mudah Mengecek Telur yang Bagus Sebelum Dimasak
Telur sebagai menu sederhana dalam menurunkan berat badan, Sumber: Armando Rafael/Getty Images
13:14
20 Januari 2024

3 Cara Mudah Mengecek Telur yang Bagus Sebelum Dimasak

Telur adalah salah satu bahan makanan yang sering dikonsumsi sebagai lauk maupun makanan pendamping. Tentu, untuk mendapatkan nutrisi yang baik, Anda perlu menggunakan telur yang bagus.

Cara mengecek telur yang bagus dan segar sebenarnya mudah dilakukan. Setidaknya ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk mengecek telur apakah masih bagus atau busuk. Melansir dari The Spruce Eats, cukup sediakan alat yang diperlukan seperti mangkuk, air, serta panca indera.

  1. Rendam telur dalam air

Cara sederhana ini dapat membantu untuk memperkirakan usia dari telur dengan cara merendamnya dalam air yang sudah dituangkan dalam mangkuk atau gelas. Ada tiga hasil uji yang bisa didapat dari cara ini, masing-masing hasil menggambarkan tingkat kesegaran telur.

  1. Telur masih segar jika tenggelam ke dasar mangkuk dengan posisi mendatar
  2. Telur sudah berumur agak lama (1-2 minggu) jika telur mengambang dengan posisi vertikal. Telur seperti ini masih layak konsumsi.
  3. Telur sudah busuk atau tidak segar jika telur mengapung di atas air. Telur seperti ini sudah tidak layak konsumsi.

Seiring bertambahnya usia telur, cangkang telur akan semakin berpori, memungkinkan udara dapat masuk ke telur. Semakin banyak udara yang masuk ke dalam telur akan membuat kantung udara di dalam telur menjadi besar dan ini dapat membuat telur mengapung.

  1. Cek warna dan tekstur putih telur

Cara kedua ini adalah dengan memecahkan telur dan mengeluarkan isinya ke piring datar. Kemudian perhatikan konsistensi putih telurnya. Ini biasanya bisa dilakukan sebelum ditambahkan ke dalam masakan.

Telur yang segar memiliki putih telur yang berwarna agak tidak transparan, tidak menyebar, terlihat kental dan lengket. Jika putih telur encer, bening dan berair artinya telur sudah tidak segar.

Semakin tua umur telur maka putih telur menjadi cair dan pecah. Harus diperhatikan juga bahwa kuning telur akan berbentuk tidak cembut seperti pada telur yang masih segar.

  1. Tes aroma

Jika tercium aroma belerang dari telur, maka itu menandakan bahwa telurnya sudah busuk. Hal itu terjadi jika telur sudah melewati masa primanya dan membuat aroma belerang dapat tercium dari cangkangnya.

Tetapi jika masih ragu dengan aroma dari cangkangnya, maka bisa dilakukan dengan memecahkan telur dan kemudian mencium aromanya.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #cara #mudah #mengecek #telur #yang #bagus #sebelum #dimasak

KOMENTAR