Stop Buang-buang Makanan, Begini Cara Simpan Camilan Agar Tahan Lama
Camilan biskuit yang jadi pilihan orang untuk menambal perut lapar. (freepik)
12:25
10 Agustus 2024

Stop Buang-buang Makanan, Begini Cara Simpan Camilan Agar Tahan Lama

Makanan ringan atau camilan hampir setiap orang membutuhkan. Makanan yang mudah dibawa ke mana-mana ini juga menjadi pilihan orang mengganjal perut ketika malas menyantap makanan berat.

Namun perlu juga diperhatikan bahwa camilan ini memiliki daya tahan yang sudah diinformasikan oleh pembuatnya, termasuk juga cara menyimpannya.

Berikut ini ada sejumlah cara paling baik untuk menyimpan camilan-camilan yang bisa bertahan lama:

1. Pilih Wadah yang Tepat:

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Agar Dapur Rumah Tetap Awet dan Bersih, Paling Utama Jangan Salah Pilih Materialnya

Memilih wadah yang benar-benar tertutup rapat agar makanan tidak terpapar udara dan kelembaban adalah hal penting. Wadah kaca atau plastik yang berkualitas baik adalah pilihan yang bagus.

Selain itu menyesuaikan dengan ukuran wadah dengan jumlah makanan yang akan disimpan juga penting untuk dilakukan. Hindari wadah yang terlalu besar karena akan ada banyak ruang kosong yang memungkinkan udara masuk.

2. Suhu Ruang

Menyimpan makanan ringan dan camilan yang menjadi kesukaan Anda perlu memperhatikan suhu ruang. Hindari tempat-tempat yang panas atau lembab.

Kulkas bisa jadi opsi untuk menyimpan camilan yang tepat. Makanan ringan seperti cokelat, buah kering, atau keju cocok disimpan di kulkas untuk menjaga kesegarannya lebih lama.

Baca Juga: Mengenal Perawatan Stem Cell, Rutin Dilakukan Kris Dayanti agar Awet Muda

3. Memperhatikan Jenis Makanan

Menyantap makanan camilan bisa menyesuaikan dengan selera masing-masing orang. Beberapa jenis makanan ini bisa disimpan di tempat-tempat yang relatif kedap udara untuk menjaga kualitasnya.

- Keripik, bisa disimpan dalam wadah kedap udara atau dalam kemasan aslinya yang masih tertutup rapat. Untuk menjaga kerenyahan, bisa disimpan di freezer.

- Kacang-kacangan, juga makanan yang penting untuk kesehatan. Tak jarang dijadikan camilan juga untuk sebagian orang. Menyimpan di wadah kedap udara dan diletakkan di tempat kering juga bisa menambah daya tahan makanan. Apalagi jika disimpan di freezer, setidaknya bisa mengalahkan usia Thariq Halilintar di mana dua bulan sudah naik haji.

- Buah kering, untuk jenis makanan ini bisa disimpan di ruangan yang sejuk. Pastikan hindari terpapar sinar matahari secara langsung.

- Makanan seperti cokelat cukup disimpan di tempat yang bersuhu udara normal. Hindari lokasi yang memiliki suhu terlalu panas atau terlalu dingin.

Editor: Muhammad Ilham Baktora

Tag:  #stop #buang #buang #makanan #begini #cara #simpan #camilan #agar #tahan #lama

KOMENTAR