Isi Ayat Alquran yang Bikin Maia Estianty Izinkan El Rumi Nikah Beda Agama
Maia Estianty bersama Al, El, dan Dul. [Instagram]
20:55
7 Agustus 2024

Isi Ayat Alquran yang Bikin Maia Estianty Izinkan El Rumi Nikah Beda Agama

Maia Estianty kini memberikan pandangannya ke hubungan yang dialami anak-anaknya. Adapun putra kedua Maia dan Ahmad Dhani, Ahmad Jalaluddin Rumi alias El Rumi sempat beberapa dekat dengan perempuan yang beda agama.

Setidaknya, ada dua perempuan berbeda keyakinan yang sempat menjadi pujaan hati El Rumi. Dua perempuan tersebut adalah Eca Japasal alias Eca Aura dan Marsha Aruan.

Maia mengaku dirinya tak masalah bagi El untuk menjalin hubungan beda agama. Mantan istri Ahmad Dhani tersebut berpegangan pada landasan Al Quran Surat Al Maidah ayat 5.

"Kalau aku pribadi sih enggak ada masalah. Ada di Surat Al Maidah ayat 5 tuh bahwa laki-laki Islam boleh menikah dengan ahli kitab," papar Maia Estianti dalam podcast bersama Atta Halilintar.

Baca Juga: Netizen Ejek Al Ghazali yang Balikan setelah Salat Istikharah, Maia Estianty: Kalian Bukan Tuhan

Lantas sebenarnya, apa isi Al Maidah ayat 5 yang disinggung oleh Maia Estianty?

Mengizinkan laki-laki Muslim menikahi ahli kitab

Adapun Al Maidah ayat 5 memang menjelaskan bahwa makanan yang disembelih oleh para ahli kitab atau Ahlulkitab dihalalkan bagi para orang-orang yang beriman.

"Pada hari ini dihalalkan bagimu segala (makanan) yang baik. Makanan (sembelihan) Ahlulkitab itu halal bagimu dan makananmu halal (juga) bagi mereka," bunyi arti Surat Al Maidah ayat 5.

Lalu dijelaskan, bahwa seorang laki-laki Muslim diperbolehkan untuk menikahi perempuan ahli kitab.

Baca Juga: Tawa Marsha Aruan Usai Maia Estianty Minta Pacar Baru El Rumi Jangan Cemburu: Kita Bener-bener...

"(Dihalalkan bagimu menikahi) perempuan-perempuan yang menjaga kehormatan di antara perempuan-perempuan yang beriman dan perempuan-perempuan yang menjaga kehormatan di antara orang-orang yang diberi kitab suci sebelum kamu, apabila kamu membayar maskawin mereka untuk menikahinya, tidak dengan maksud berzina, dan tidak untuk menjadikan (mereka) pasangan gelap (gundik)," lanjut penjelasan arti Surat Al Maidah ayat 5.

Tafsir Al Maidah ayat 5 menurut ulama: Tak otomatis halalkan hubungan beda agama

Ilustrasi Alquran al-Karim.[Pixabay.com]Ilustrasi Alquran al-Karim.[Pixabay.com]

Kendati demikian, Al Maidah ayat 5 tak serta merta menghalalkan seorang pria Muslim menikah dengan perempuan yang berbeda agama seperti Kristen, Hindu, Buddha, dan agama lainnya.

Sebab para ulama meyakini bahwa istilah Ahlulkitab tak bisa otomatis diartikan sebagai orang nonmuslim.

Imam Al-Khathib Asy-Syirbini dalam kitabnya Mughni Al-Muhtaj dan Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmu sepakat bahwa pemahaman Ahlulkitab sepanjang zaman mengalami perubahan.

Pertama, kedua imam tersebut mendefinisikan Ahlulkitab sebagai orang yang percaya kepada kitab sebelum Al Quran diwahyukan seperti Taurat dan Injil.

Kedua ulama tersebut menegaskan bahwa penganut agama Samawi lainnya seperti agama Yahudi dan agama Kristen di masa kini bukanlah Alhlulkitab. Sebab, Imam Nawawi menjelaskan bahwa kitab yang dipakai oleh kedua agama Samwai tersebut sudah tidak asli lagi atau sudah mengalami perubahan (tahrif).

Kontributor : Armand Ilham

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #ayat #alquran #yang #bikin #maia #estianty #izinkan #rumi #nikah #beda #agama

KOMENTAR