Geger Kasus Penganiayaan di Penitipan Anak, Ini Tips Memilih Daycare yang Aman
Geger Kasus Penganiayaan di Penitipan Anak, Ini Tips Memilih Daycare yang Aman (Freepik)
20:31
4 Agustus 2024

Geger Kasus Penganiayaan di Penitipan Anak, Ini Tips Memilih Daycare yang Aman

Baru-baru ini viral di media sosial pemilik Daycare melakukan kekerasan fisik terhadap balita. Hal ini pun perlu jadi perhatian bagi para orang tua agar tidak sembarangan memilih daycare. Nah berikut ini tips memilih daycare yang aman.

Diberitakan bahwa Meita Irianty atau yang akrab disapa Tata ini jadi tersangka atas kasus kekerasan terhadap anak. Adapun Tata ini merupakan pendiri sekaligus pengasuh di daycare WSI (Wensen School Indonesia).Saat ini, Tata sudah ditangani oleh pihak berwajib.

Seiring ramainya pemberitaan mengenai kekerasan terhadap balita di daycare, para orang tua pun sebaiknya tidak boleh sembarangan memilih daycare. Oleh karena itu, simak tips memilih daycare yang aman berikut ini.

Tips Memilih Daycare yang Aman

Day care merupakan layanan penitipan anak atau balita yang umumnya beroperasi selama jam kerja kantor atau waktu-waktu tertentu. Untuk memilih daycare tidak boleh sembarangan dan pastikan memiliki kualitas baik. 

Baca Juga: Auto Waswas Titip Anak ke Daycare, Kasus Meita Irianty Penganiaya Bayi Bikin Ibu-ibu Sakit Hati: Tega Banget!

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk para orang tua dalam memilih daycare yang aman untuk anak atau balita. Melansir dari berbagai sumber, adapun beberapa tipsnya sebagai berikut:

1. Reputasi sekolah

Salah satu tips untuk memilih daycare yang aman yaitu pastikan daycare yang dipilih memiliki reputasi yang baik. Anda bisa coba bertanya kepada orang-orang kenalan Anda tenang rekomendasi  berkualitas dan apa saja fasilitasnya.

2. Akreditasi sekolah

Salah satu tips berikutnya untuk memilih daycare yaitu pastikan daycare tersebut memiliki sistem akreditasi yang telah dirancang agar setiap anak mendapatkan pendidikan berkualitas sejak usia dini sebanding dengan anak-anak lainnya.

3. Program dan kurikulum

Tips berikutnya yang juga perlu diperhatikan sebelum memilih daycare yaitu membaca dan memahami program dan kurikulum yang diterapkan dalam setiap layanan daycare tersebut. Cari tahu apa saja pelajaran yang diajarkan apakah pelajaran sesuai usia anak atau tidak.

Selain itu, tanyakan juga kepada pemilik daycare tujuan mereka mengajar serta apakah program yang diterapkan sudah sesuai dengan usia serta tahap perkembangan anak.

Baca Juga: Mendadak Drop di Penjara, Meita Irianty Bos Daycare Penganiaya Bayi Dilarikan ke RS Polri Kramatjati, Sakit Apa?

4. Kualifikasi direktur

Direktur atau kepala sekolah daycare tersebut pastikan memiliki pendidikan tinggi dan memiliki pengalaman pendidikan anak usia dini maupun administrasi akademik. Jangan lupa juga untuk memeriksa situs web sekolah day care tersebut untuk informasi lainnya.

5. Kualifikasi pendidik

Tips lainnya yang juga perlu diperhatikan yaitu pastikan pengasuh atau pendidik utama di daycare sudah terlatih dan berpengalaman, terutama dalam mengasuh dan merawat anak usia dini. Pastikan mereka juga memiliki pendidikan dalam mengatasi situasi darurat.

Demikian ulasan mengenai tips memilih daycare yang aman yang penting untuk diketahui oleh para orangtuanya yang ingin memasukan anak-anaknya ke daycare. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #geger #kasus #penganiayaan #penitipan #anak #tips #memilih #daycare #yang #aman

KOMENTAR