Benarkah Mama Ghufron Sesat? Ini Ajarannya yang Menuai Kontroversi
Ilustrasi Mama Ghufron dan KH Cholil Nafis. Benarkah ajaran Mama Ghufron sesat? [Wikipedia]
18:08
12 Juli 2024

Benarkah Mama Ghufron Sesat? Ini Ajarannya yang Menuai Kontroversi

Pendakwah KH Muhammad Abdul Ghufron Al Bantani As Syafi'i atau dikenal dengan sebutan Mama Ghufron membuat kontroversi lewat ceramah-ceramahnya. 

Dalam potongan-potongan video yang beredar luas di media sosial, Mama Ghufron mengaku bisa berbicara dengan semut dan jin. 

Selain itu, Mama Ghufron juga mengklaim bisa video call dengan malaikat maut. Ia juga punya kesaktian memberhentikan hujan dan lain sebagainya. 

Ceramah Mama Ghufron yang juga kontroversial adalah saat dia menyatakan bahwa bahasa yang digunakan di alam barzah kelak adalah bahasa suryani. 

Baca Juga: Mama Ghufron Orang Mana? Sosok Mengaku Bisa Bahasa Semut Ini Punya Ponpes Besar di Jawa Timur

Dan Mama Ghufron mengklaim dirinya fasih berbahasa suryani. Bahkan ia mengaku telah menulis 500 kitab berbahasa Suryani. 

Bahasa Suryani atau bahasa Suriah adalah sebuah bahasa Aram Timur yang pernah dipertuturkan di sebagian besar wilayah Bulan Sabit Subur dan Arab Timur.

Namun secara luas definisi bahasa Suryani ialah semua bahasa Aram Timur yang dipertuturkan oleh bermacam-macam komunitas Kristen di Timur Tengah.

Bahasa Suryani ditulis dengan Abjad Suryani. Bahasa Suryani bukan Bahasa Arab dialek Suriah, meski bahasa Suryani memengaruhi bahasa Arab.

Dengan demikian, bahasa Suryani bukanlah bahasa resmi di negara Suriah (bahasa resmi Suriah adalah bahasa Arab), melainkan bahasa yang saat ini dituturkan oleh kaum minoritas Kristen Siria yang tinggal di sebelah timur Turki, sebelah utara Irak dan sebelah timur laut Suriah.

Baca Juga: Siapa Mama Ghufron? Kiai yang Mengaku punya Kemampuan Seperti Nabi Sulaiman

Ceramah-ceramah Mama Ghufron inilah yang membuat resah kalangan pendakwah lainnya. Mereka menilai ajaran Mama Ghufron sesat

Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah Cholil Nafis mengatakan MUI tengah melakukan pengkajian lebih lanjut terkait ajaran yang dibawa oleh Ghufron. Ia mengaku terheran-heran saat melihat video Ghufron bisa melakukan panggilan video dengan malaikat.

"Ada statemen yang menyatakan video call dengan malaikat maut. Gimana caranya? Di sini sudah tidak berdasar sama sekali apa yang diucapkan," kata dia dikutip dari ANTARA.

Profil Mama Ghufron

Nama asli Mama Ghufron adalah Iyus Sugriman. Pria kelahiran 25 Desember 1963 ini mengubah namanya ketika belajar agama dari KH Hasan Amin yang lebih dikenal dengan sebutan Abuya Armin.

Abuya Armin lah yang memberikan nama Muhammad Abdul Ghufron. Ia lalu menambahi kata Al Bantani di belakang namanya karena merasa sebagai keturunan Syekh Nawawi Al Bantani. Klaim ini dibantah oleh KH Majazi Banten sebagai cicit dari Syekh Nawawi Al Bantani.

Mama Ghufron kemudian diberi julukan Abuya Mama, panggilan yang disematkan untuk tokoh agama, dalam budaya Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Mama Ghufron kini menjadi pengasuh pondok pesantren UNIQ Nusantara yang berlokasi di Desa Pamotan, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Editor: Wakos Reza Gautama

Tag:  #benarkah #mama #ghufron #sesat #ajarannya #yang #menuai #kontroversi

KOMENTAR