Profil Maarten Paes: Calon Kiper Timnas Indonesia Main Bareng Messi di MLS
PSSI buka suara soal isu sidang CAS Maarten Paes terkendala biaya. (pssi.org)
16:20
3 Juli 2024

Profil Maarten Paes: Calon Kiper Timnas Indonesia Main Bareng Messi di MLS

Calon kiper Timnas Indonesia Maarten Paes kini tengah menjadi sorotan publik, utamanya pecinta sepak bola. Pasalnya, kini Paes terpilih bermain dalam skuad Major League Soccer (MLS) All Star. Hal itu terungkap setelah MLS mengutus Mark Dodd ke FC Dallas untuk menyampaikan kabar itu.

Dengan bergabungnya Maarten di MLS, maka ia akan satu tim dengan sederet pesepakbola dunia. Di antaranya Lionel Messi, Luis Suarez dan Sergio Busquets.

Lantas seperti apakah sosok Maarten Paes? Simak ulasannya berikut ini.

Profil Maarten Paes

Baca Juga: Hasil Piala AFF U-16: Gholy Cetak Gol Manis, Timnas Indonesia Unggul 2-0 atas Vietnam di Babak I

Kiper Indonesia, Maarten Paes Kiper Indonesia, Maarten Paes "menggila" dengan membuat delapan penyelamatan untuk membantu FC Dallas menang 2-1 atas Tampa Bay Rowdies di Piala Amerika Serikat, Kamis (23/5/2024). Performa apik membawa Paes menyabet penghargaan man of the match di laga tersebut. [Dok. FC Dallas]

Maarten Paes kini telah resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI). Ia merupakan kiper naturalisasi terbaru Timnas Indonesia.

Pemilik nama lengkap Maarten Vincent Paes ini lahir di Nijmegen, Belanda pada 14 Mei 1998. Meski dari negeri seberang, dalam dirinya ternyata mengalir darah Indonesia.

Tak disangka, nenek Paes yang lahir pada 20 Maret 1940 adalah orang Indonesia yang berasal dari Kota Pare, Kediri, Jawa Timur.

Kini Paes tengah berkarier di FC Dallas yang berlaga di Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat.

Paes memulai kariernya di lapangan hijau ketika ia bergabung dengan akademi VV Union, lalu lanjut ke NEC Nijmegen pada 2012.

Baca Juga: Piala AFF, Timnas U-16 dan Sulitnya Merubah Mindset Para Pemain Indonesia

Paes berhasil masuk dalam tim U-17 dan U-19 Nijmegen. Dan pada 2018, ia naik ke tim senior ketika usianya menginjak 18 tahun.

Performa Paes di Nijmegen mencuri perhatian FC Utrecht hingga kemudian klub itu merekrutnya pada 2018, sengan kontrak selama empat tahun.

Selama merumput bersama Utrecht, Paes mencatatkan 48 penampilan di semua kompetisi dan total 4.264 menit permainan. Dan selama itu, Paes pernah kebobolan 63 gol dan 12 kali clean sheet.

Penampilannya memukau banyak orang, hingga Paes dilirik FC Dallas pada Januari 2022. Performanya yang ciamik lantas membuat klub itu mematenkan statusnya pada musim panas 2022.

Sementara itu, di level internasional, paes pernah turun membela Timnas Belanda U-19 pada ajang Euro 2016 dan 2017. Pesepakbola berusia 25 tahun itu juga sempat membela Timnas Belanda U-20 dan U-21.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #profil #maarten #paes #calon #kiper #timnas #indonesia #main #bareng #messi

KOMENTAR