Bersih-bersih Bareng Komunitas Penjaga Laut, Puluhan Kilogram Sampah Diangkut dari Pantai Tanjung Pasir
Aksi bersih-bersih dan tanam mangrove Aryaduta Menteng. (Dok. Aryaduta Menteng)
18:27
26 Juni 2024

Bersih-bersih Bareng Komunitas Penjaga Laut, Puluhan Kilogram Sampah Diangkut dari Pantai Tanjung Pasir

Laut sering disebut sebagai paru-paru kedua bumi. Keberadaannya tak hanya menyimpan keindahan alam yang memukau, tetapi juga memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia dan planet bumi.

Namun saat ini, laut memiliki berbagai ancaman, seperti polusi, pencemaran sampah hingga perubahan iklim.

Aksi bersih-bersih dan tanam mangrove Aryaduta Menteng. (Dok. Aryaduta Menteng)Aksi bersih-bersih dan tanam mangrove Aryaduta Menteng. (Dok. Aryaduta Menteng)

Belum lama ini, Hotel Aryaduta Menteng bersama Komunitas Penjaga Laut dari Econusa, menunjukkan komitmen pada keberlanjutan lingkungan dengan mengadakan serangkaian kegiatan konservasi di pantai Tanjung Pasir, Tangerang-Banten.

Tidak hanya melibatkan para karyawan hotel Aryaduta Menteng, namun juga mengundang secara sukarela komunitas lokal, KOL, awak media dan tentunya masarakat sekitar pantai untuk bersama-sama menanam 1000 pohon Mangrove yang kita beli dari penduduk sekitar.

Baca Juga: Jaga Ekosistem Laut Hingga Cegah Perubahan Iklim, 500 Bibit Karang Ditransplantasi di Pantai Grand Watu Dodol

"Kami percaya bahwa upaya ini tidak hanya memberikan perlindungan fisik terhadap pantai, tetapi juga menjadikannya investasi dalam lingkungan yang sehat bagi penduduk sekitar dan generasi mendatang, anak cucu kita," kata General Manager Aryaduta Menteng, Fajar Sukarno.

Selain menanam pohon mangrove, Fajar juga menyebut bahwa Aryaduta Menteng menyelenggarakan kegiatan pembersihan pantai dengan tujuan untuk mengurangi dan mencegah polusi plastik di lautan, yang merupakan ancaman serius bagi kehidupan laut dan manusia.

Aksi bersih-bersih dan tanam mangrove Aryaduta Menteng. (Dok. Aryaduta Menteng)Aksi bersih-bersih dan tanam mangrove Aryaduta Menteng. (Dok. Aryaduta Menteng)

Dengan bergotong-royong membersihkan pantai bersama komunitas, terkumpul Stryofoam sebanyak 3.355 kilogram, Tekstil 9.10 kilogram, plastik, kaca dan lain-lain sebanyak 23.8 kilogram.

"Total keseluruhan sampah yang kami bersihkan sebanyak 36.765 kilogram," kata Fajar, ditulis Suara.com Rabu (26/6/2024).

Kata Fajar, pihaknya tidak hanya membersihkan lingkungan sekitar tetapi juga meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan laut dan pantai.

Baca Juga: Haji Jalur Undangan Raja Arab, Wirda Mansur Takjub Lihat Hotel yang Disediakan Kerajaan: Masya Allah

Editor: Risna Halidi

Tag:  #bersih #bersih #bareng #komunitas #penjaga #laut #puluhan #kilogram #sampah #diangkut #dari #pantai #tanjung #pasir

KOMENTAR