Rupiah Melemah, Menpakrekraf Sandiaga Uno Minta Masyarakat Wisata di Dalam Negeri Saja
Menparekraf Sandiaga Uno Angkat Suara Soal Kecelakaan Bus di Subang.
09:23
25 Juni 2024

Rupiah Melemah, Menpakrekraf Sandiaga Uno Minta Masyarakat Wisata di Dalam Negeri Saja

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menyarankan masyarakat Indonesia untuk berwisata di dalam negeri sebagai respon terhadap pelemahan rupiah terhadap dolar AS.

Menurutnya, berlibur di dalam negeri lebih ekonomis, sehingga kebutuhan untuk menyegarkan pikiran tetap dapat terpenuhi.

“Untuk wisatawan dalam negeri, banyak wisata di sekeliling kita yang bisa kita jangkau, di saat kantong kita sedikit kering, tapi kita harus terus refreshing yang menghilangkan pusing,” ujarnya seperti dikutip dari ANTARA.

Saat ini, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berada di angka Rp16.394 pada Senin sore. Dengan memilih berwisata di Indonesia dan membeli produk UMKM lokal, masyarakat turut berkontribusi dalam mendukung perekonomian nasional dan membantu menekan peningkatan nilai tukar rupiah terhadap dolar.

Baca Juga: 3 Cara Nikmati Petualangan Seru di Samigaluh Kulon Progo, Wajib Main ke Kebun Teh!

Sandiaga Uno. (Kemenparekraf)Sandiaga Uno. (Kemenparekraf)

Sandiaga juga menyatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk menambah jumlah penerbangan, termasuk penerbangan langsung dari luar negeri ke Indonesia, guna meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan memberikan devisa tambahan bagi negara dari sektor pariwisata.

Negara-negara yang diusulkan untuk penambahan penerbangan ini termasuk Australia, India, dan Rusia.

“Dengan penerbangan langsung, kita dapat meningkatkan jumlah wisatawan dan memastikan mereka adalah wisatawan berkualitas, termasuk dari hub Timur Tengah dan Asia Utara,” tambahnya.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #rupiah #melemah #menpakrekraf #sandiaga #minta #masyarakat #wisata #dalam #negeri #saja

KOMENTAR