Cara Membuat Ubi Creme Brulee, Dessert Viral yang Bikin Hidangan Ubi Naik Kelas
Cara Membuat Ubi Creme Brulee yang Viral (TikTok/Firhan Ashari)
06:32
28 Mei 2024

Cara Membuat Ubi Creme Brulee, Dessert Viral yang Bikin Hidangan Ubi Naik Kelas

Belakangan, dessert asal Jepang, ubi creme brulee menjadi viral usai restoran bernama Imo Pippi di kawasan Asakusa mulai menjualnya. Karena bahan dasar ubi juga banyak ditemui di Indonesia, terutama ubi Cilembu, kini ada banyak kafe yang mulai menawarkan menu ini.

Ubi Creme Brulee merupakan dessert yang memadukan tekstur lembut ubi dengan adonan fla dan lapisan karamel manis di atasnya. Perpaduannya yang begitu unik ini membuat siapapun tergoda hingga menjadi hidangan ubi menjadi 'naik kelas'.

Selain rasanya yang manis dan creamy, sajian creme brulee ubi juga memiliki tekstur yang menarik. Bagian atas dari creme brulee ubi memiliki tekstur yang garing dan crunchy, sedangkan bagian bawahnya memiliki tekstur yang sangat lembut dan creamy.

Selain membelinya, Anda juga bisa membuatnya di rumah. Berikut cara membuat ubi creme brulee ala food vlogger Natasha Cohen melalui laman TashCakes untuk empat porsi.

Baca Juga:Cara Membuat Tulisan Miring di WA, Gampang Banget!

Bahan yang diperlukan:

  • 4 buah ubi manis Jepang (atau ubi manis lain) berukuran sedang
  • 2 kuning telur
  • 30 gram gula pasir ditambah 4 sdt gula pasir untuk //topping//
  • 10 gram tepung jagung
  • 1/2 sdt ekstrak vanila
  • 300 ml heavy cream (alternatif: bisa gunakan susu yang dicampur mentega cair dengan perbandingan 3/4 susu dan 1/4 Cara pembuatan: mentega cair)

Cara pembuatan:

1. Panaskan oven pada suhu 160 derajat Celsius. Tusuk area permukaan ubi dengan garpu secara acak dan merata.

2. Bila menginginkan tekstur ubi yang lebih juicy, bungkus ubi dengan foil sebelum memanggangnya di oven. Bila ingin tekstur yang padat seperti kue, tak perlu gunakan foil untuk membungkus ubi.

3. Lapisi loyang dengan selembar baking paper antilengket, taruh ubi di atasnya, lalu panggang ubi di dalam oven selama 1 jam 30 menit.

Baca Juga:Cara Membuat Paper Kuliah yang Mudah dan Cepat, Ikuti Tips dan Trik Ini!

4. Sambil menunggu ubi masak, siapkan mangkuk besar dan masukkan dua kuning telur, 30 gram gula pasir, 10 gram tepung jagung, serta 1/2 sdt ekstrak vanila. Aduk merata sambil memasukkan heavy krim atau susu secara bertahap.

5. Letakkan wajan anti lengket atau saucepan di atas kompor dengan suhu rendah hingga sedang, tuangkan adonan filling ke dalam wajan, aduk terus hingga konsistensinya menjadi sangat kental.

6. Pindahkan adonan filling yang sudah dimasak ke dalam mangkuk, tutup dengan bungkus plastik atau plastic wrap. Pastikan plastik menempel dengan adonan sehingga tak ada ruang kosong di mangkuk. Biarkan adonan mendingin di suhu ruang.

7. Setelah ubi matang, dinginkan sekitar 5-10 menit. Setelah itu, belah memanjang bagian tengah ubi, tapi jangan sampai ubi terbelah dua. Lalu, buka sedikit belahan tersebut dan keruk sedikit daging ubi hingga ubi tampak seperti mangkuk. Setelah itu, tuangkan filling ke dalam ubi hingga penuh.

8. Taburkan 1 sdt gula pasir di atas filling pada masing-masing ubi secara merata. Setelah itu, bakar gula pasir tersebut dengan torch sampai terkaramelisasi. Bila tak memiliki torch, panaskan sendok besar di atas kompor, lalu tempelkan punggung sendok tersebut ke permukaan gula pasir sampai terkaramelisasi.

9. Dinginkan sekitar 1 menit dan creme brulee ubi siap dihidangkan.

Editor: Dinda Rachmawati

Tag:  #cara #membuat #creme #brulee #dessert #viral #yang #bikin #hidangan #naik #kelas

KOMENTAR