Mudah Banget, Berikut 6 Cara Membersihkan Kompor Kaca dengan Aman dan Efektif
Ilustrasi Seseorang Sedang Membersihkan Kompor Kaca. (Freepik)
20:44
5 Mei 2024

Mudah Banget, Berikut 6 Cara Membersihkan Kompor Kaca dengan Aman dan Efektif

- Tampilan kmpor kaca yang sangat elegan dan modern menjadi kompor jenis ini cocok diletakkan di berbagai gaya desain rumah. Namun dibalik keindahannya ada harus mampu mengetahui cara membersihkan kompor kaca agar tidak menimbulkan risiko kerusakan.

Karena meskipun disebut kompor kaca, namun anda tidak bisa menganggapnya sebagai kaca. Apabila dibersihkan menggunakan produk pembersih kaca biasanya yang mengandung amonia, yang dapat merusak permukaan kompor kaca.

Artikel ini akan memberi anda gambaran umum tentang cara membersihkan kompor kaca yang dikutip dari laman Sparkleandshine.today. Silahkan ikuti langkah - langkah membersihkan kompor kaca seperti dibawah ini.

Peralatan untuk Membersihkan Kompor Kaca 

  • Mangkuk

  • Bubuk soda kue

  • Sarung tangan

  • Kain microfiber

  • Air panas

  • Cuka putih

  • Jus lemon atau bubuk asam sitrat

  • Sabun cuci piring

  • Botol semprot

  • Handuk

  • Pisau cukur bermata satu

Cara Membersihkan Kompor Kaca

  1. Tunggu Permukaan Kompor Kaca Dingin

Sebelum anda mulai membersihkan kompor, pastikan kaca bagian atas kompor dalam keadaan baik dan tidak ada pembakar yang menyala karena jika anda menyemprotkan bahan pembersih apapun ke kaca kompor saat masih panas, permukaannya dapat terbakar.

Jangan lakukan pembersihan ketika kompor kaca dalam keadaan panas, jadi biarkan permukaannya dingin. Sambil menunggu kompor kaca mendingin, luangkan waktu untuk memastikan segala kebutuhan pembersihan sudah tersedia semua.

  1. Semprotkan Cuka pada Bagian atas Kompor

Semprotkan botol semprot berisi cuka putih secara merata ke seluruh permukaan kaca kompor. Kemudian gunakan kain lembab atau spons lembut untuk menghilangkan sisa makanan.

Keasaman cuka dapat membantu menghilangkan lemak yang menempel di kompor kaca tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya dan keras yang dapat merusak bagian atas kaca.

  1. Oleskan Permukaan Kaca dengan Baking Soda

Mencampur soda kue dan cuka dapat menghasilkan larutan pembersih yang ampuh. Disarankan untuk menaburkan sedikit soda kue di atas cuka yang telah disemprotkan, dengan memberikan perhatian khusus pada area yang paling banyak kotorannya.

Efek gelembung larutan pembersih dapat membantu memotong dan menghilangkan sisa makanan dari kompor. Selain dapat mengurai, soda kue memiliki sifat abrasif sedang yang memungkinkan mengikis kotoran tanpa menggores.

  1. Tutupi Kompor Kaca dengan Handuk

SelnjutnyabBungkus seluruh permukaan atas kompor dengan handuk besar yang dibasahi dengan air panas. Diamkan sekitar 10 hingga 15 menit agar air hangat, cuka, dan soda kue dapat melepaskan kotoran yang menempel di permukaan.

  1. Lap Bagian atas Kompor dengan Kain Microfiber

Setelah didiamkan 10 hingga 15 menit dengan handuk, kemudian taburkan lagi cuka pada bagian atas kaca kompor, dan usap bagian atas kaca kompor dengan kain microfiber. Anda dapat menggunakan bantalan gosok non-abrasif untuk menghilangkan kotoran tanpa meninggalkan goresan pada permukaan kompor kaca.

  1. Buang Sisa Residu dengan Silet

Sebelum anda melanjutkan membersihkan peralatan anda dengan silet, pastikan untuk memeriksa panduan penggunaan terlebih dahulu. Jika instruksi pabrik menyebutkan untuk tidak menggunakan silet pada kompor kaca maka ikuti instruksinya.

Jika diperbolehkan silahkan ikuti langkah berikut ini, yaitu pertama, taburkan cuka secukupnya pada permukaan kompor kaca untuk melunakkan area yang terdapat sisa gosong.

Kemudian kikis perlahan residu dan sisa kotoran lainnya dengan silet, dan pastikan anda memegang silet dengan benar. Setelah dibersihkan silahkan usap residu dengan kain bersih dan kering atau kain microfiber.

Baiklah demikian ulasan mengenai cara membersihkan kompor kaca dengan benar dan aman, semoga bermanfaat. Bagaimanapun kompor kaca lebih rentan mengalami risiko sehingga membutuhkan perawat yang cukup ekstra.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #mudah #banget #berikut #cara #membersihkan #kompor #kaca #dengan #aman #efektif

KOMENTAR