Profil Benny Sinomba, Paman Bobby Nasution yang Ditunjuk Jadi Plh Sekda Medan
Profil Benny Sinomba,Paman Bobby Nasution Yang Dipilih Jadi Plh Sekda Medan (ANTARA)
15:06
1 Mei 2024

Profil Benny Sinomba, Paman Bobby Nasution yang Ditunjuk Jadi Plh Sekda Medan

Pergantian kepemimpinan dalam struktural pemerintahan Kota Medan kembali dilakukan oleh Walikota Medan, Bobby Arif Nasution. Menantu Presiden Jokowi ini menunjuk sang paman, Benny Sinomba Siregar sebagai pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan untuk menggantikan posisi sekda sebelumnya yaitu Wirya Alrahman yang terpilih sebagai Pj Bupati Deli Serdang.

Sebelumnya, Benny Sinomba sendiri menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan sejak 2023 lalu sebelum akhirnya ditunjuk sang keponakan untuk menjabat sebagai Plh Sekda Kota Medan.

Bobby pun telah menandatangani surat pengangkatan Benny selaku Plh Sekda Kota Medan sejak Rabu, 24 April 2024 lalu. Hal ini pun sempat menjadi perbincangan hangat publik lantaran Bobby memilih pamannya sendiri yang merupakan saudara dari sang ibu, Ade Hanifah Siregar untuk terlibat dalam masa pemerintahannya.

Lalu, seperti apa sosok Benny Sinomba ini sendiri? Simak inilah profil Benny Sinomba selengkapnya.

Profil Benny Sinomba

Pria kelahiran 1 Juni 1973 ini memiliki nama lengkap Benny Sinomba Siregar, S.E., M.A.P. Benny sendiri bukanlah sosok baru di lingkup pemerintahan Kota Medan. Melalui NIP miliknya, Benny diketahui sudah diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) sejak tahun 2002 silam.

Selama berkarir sebagai PNS di Medan, Benny pun sudah beberapa kali menjabat di lingkup pemkot Medan, termasuk menjadi Kepala Bidang Hotel, Restoran, dan Hiburan pada instansi Badan Pengelola Pendapatan dan Retribusi Daerah (BP2RD) Medan atau dikenal dengan nama Bapenda Medan.

Tak hanya itu, Benny juga pernah diangkat sebagai pejabat (Pj) Sekretaris Bapenda pada tahun 2020 silam. Satu tahun setelah berkarir sebagai sekretaris, Benny pun diangkat sebagai Kepala BP2RD Kota Medan pada September 2021 lalu.

Benny juga diberikan amanah untuk menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan pada tahun 2022 lalu.

Benny pun diketahui merupakan paman kandung dari Walikota Medan, Bobby Nasution. Setelah menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan selama hampir dua tahun, Bobby pun menunjuk Benny sebagai Plh Sekda Kota Medan hingga pilkada 2024 berlangsung.

Menyandur dari LHKPN yang dilaporkan Benny kepada KPK periodik 2022, ia diketahui memiliki harta senilai Rp3,27 miliar. Harta ini pun diketahui merupakan pendapatan pribadi.

Meskipun sempat dihujat warganet lantaran disebut sebagai pemerintahan milik keluarga, namun Bobby mengaku tak ambil pusing. Jejak Benny di dunia politik pemerintahan pun sudah berlangsung selama puluhan tahun.

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #profil #benny #sinomba #paman #bobby #nasution #yang #ditunjuk #jadi #sekda #medan

KOMENTAR