INTJ Menduduki Peringkat Pertama, 5 Kepribadian MBTI ini Dikenal Tidak Ramah Menurut Pakar
Ilustrasi- Teman kelas yang terlihat tidak ramah diganggu oleh yang lain. (Freepik)
19:36
22 April 2024

INTJ Menduduki Peringkat Pertama, 5 Kepribadian MBTI ini Dikenal Tidak Ramah Menurut Pakar

 - Kita semua memiliki kenalan yang mungkin terlihat tidak ramah atau menjaga jarak. Mereka mungkin lebih memilih kesendirian atau sulit didekati saat berinteraksi dengan orang baru.

Individu-individu ini bisa menjadi tantangan untuk terhubung, tetapi bagaimana jika ada penjelasan yang lebih dalam di balik perilaku mereka yang menjaga jarak? Menurut para ahli, jenis kepribadian Myers-Briggs (MBTI) tertentu cenderung menunjukkan lebih banyak sifat yang kurang ramah daripada yang lain.

Para ahli mengungkapkan dalam Best Life bahwa lima tipe Myers-Briggs (MBTI) cenderung kurang ramah. Namun, terapis Esin Pinarli, LCSW, MCAP, yang mengkhususkan diri dalam terapi brainspotting dan imago dan pendiri Eternal Wellness Counseling, mengatakan bahwa mungkin ada "alasan yang mendasarinya untuk perilaku mereka yang tampaknya menjaga jarak."

Berikut kepribadian MBTI yang terlihat kurang ramah:

1. INTJ

Menurut Reena B. Patel, LEP, BCBA, seorang ahli dalam bidang parenting dan psikologi positif, individu dengan tipe kepribadian INTJ; introverted, intuitive, thinking, dan judging, sering terlihat kurang ramah.

Patel menjelaskan bahwa INTJ biasanya memiliki keyakinan diri dan rajin, tetapi fokus intens mereka pada melakukan sesuatu dengan benar mungkin salah diartikan sebagai ketidakpekaan oleh orang lain.

Dia menggambarkan INTJ sebagai perfeksionis yang memprioritaskan kesendirian daripada bersosialisasi, sebuah sifat yang mungkin ditafsirkan sebagai sikap menjaga jarak atau dingin.

Patel menekankan bahwa INTJ memprioritaskan logika daripada emosi, seringkali menyebabkan persepsi ketidakramahan karena sifat analitis dan kritis mereka, yang mungkin menghambat koneksi emosional dengan orang lain.

2. ENTJ

Tipe kepribadian ENTJ, yang merupakan kebalikan ekstrovert dari INTJ, juga termasuk dalam yang kurang ramah, menurut Christopher Paul Jones, seorang spesialis dalam fobia, penulis, dan pembicara.

Jones mencatat bahwa ENTJ sangat ambisius dan didorong oleh kesuksesan, sering kali muncul sebagai pemimpin alami yang memprioritaskan efisiensi dan hasil.

Namun, ketegasan dan fokus mereka pada tujuan mungkin dianggap sebagai agresivitas atau ketidakramahan oleh mereka yang lebih memilih pendekatan yang lebih mendukung atau kolaboratif.

ENTJ cenderung berkomunikasi secara langsung, mencerminkan keyakinan mereka dalam kemampuan mereka, tetapi gaya komunikasi yang berorientasi pada efisiensi ini dapat mengalahkan membangun kedekatan atau mempertimbangkan perasaan orang lain, berkontribusi pada persepsi ketidakramahan.

3. ISTP

ISTP, tipe kepribadian introvert lainnya dari 16 kepribadian MBTI. Menurut Jones, ISTP dikenal karena kemampuan pemecahan masalah logisnya dan preferensi untuk mandiri.

Kecenderungan mereka terhadap kemandirian dan otonomi mungkin membuat mereka bekerja sendiri, yang bisa dianggap sebagai jauh atau tidak ramah oleh mereka yang mencari koneksi emosional atau interaksi sosial.

Jones menyoroti bahwa ISTP biasanya tidak tertarik pada dinamika sosial atau basa-basi, lebih memilih untuk fokus pada masalah-masalah konkret.

Komitmen mereka terhadap efisiensi dan kemandirian mungkin memberikan kesan jarak atau ketidakminatan untuk membentuk persahabatan, berkontribusi pada persepsi dingin atau menjaga jarak.

4. INTP

Menurut Jones, individu dengan tipe kepribadian INTP; introverted, intuitive, thinking, dan perceiving, tidak selalu mencari untuk membentuk persahabatan baru.

INTP ditandai dengan rasa ingin tahu intelektual mereka dan pemikiran analitis, seringkali mengeksplorasi konsep-konsep dan ide-ide kompleks.

Kecenderungan mereka untuk introspeksi dan pemikiran mandiri mungkin membuat mereka terlihat terputus atau menjaga jarak dalam pengaturan sosial, yang bisa diinterpretasikan sebagai tidak ramah oleh mereka yang menginginkan kehangatan emosional lebih.

Jones mencatat bahwa INTP lebih suka diskusi intelektual dan topik abstrak, yang mungkin membuat mereka kurang tertarik untuk terlibat dalam percakapan santai atau bersosialisasi, lebih memperkuat persepsi ketidakramahan.

5. ESTJ

ESTJ, yang ditandai sebagai individu ekstrovert, sensing, thinking, dan judging, juga cenderung tidak memulai percakapan secara langsung, menurut Pinarli.

Pinarli menggambarkan ESTJ sebagai pengatur dan pelaksana yang efisien yang menguasai perencanaan dan pelaksanaan tugas.

Preferensi kuat mereka terhadap praktikalitas dan ketaatan pada protokol yang sudah ditetapkan mungkin membuat mereka terlihat tidak kompromi atau kaku. Mereka memprioritaskan produktivitas daripada harmoni interpersonal, yang bisa dianggap sebagai ketidakramahan.

Namun, di balik "pendekatan tanpa basa-basi" mereka, Pinarli menyoroti rasa tanggung jawab dan ketergantungan yang mendalam.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #intj #menduduki #peringkat #pertama #kepribadian #mbti #dikenal #tidak #ramah #menurut #pakar

KOMENTAR