3 Doa Upacara Hari Kartini 2024, Singkat dan Menyentuh
Ilustrasi Hari Kartini. Inilah 3 teks doa yang bisa dibaca pada saat upacara Hari Kartini 2024. Teks doa upacara Hari Kartini 2024 ini singkat dan menyentuh. 
13:10
20 April 2024

3 Doa Upacara Hari Kartini 2024, Singkat dan Menyentuh

Rakyat Indonesia akan merayakan momen Hari Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April. Tahun ini, Hari Kartini jatuh pada Minggu, 21 April 2024 besok.

Dalam rangka Hari Kartini, masyarakat akan menggelar upacara Hari Kartini baik di sekolah maupun instansi yang lain.

Susunan acara upacara Hari Kartini terdiri atas sambutan, pengibaran bendera Merah Putih, menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini, dan pembacaan doa.

Bagi Anda yang bertugas menjadi petugas doa, Tribunnews.com telah merangkum doa upacara Hari Kartini yang singkat dan menyentuh.

Tiga teks doa upacara Hari Kartini 2024 bisa menjadi referensi dalam menyusun naskah atau langsung dibaca pada saat upacara Hari Kartini 2024.

Inilah 3 doa upacara Hari Kartini 2024 yang singkat dan menyentuh.

1. Doa Upacara Hari Kartini 2024

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

اَلْحَمْدُلِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ حَمْدًايُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ ,
يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغَىْ لِجَلاَلِ وِجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِك
اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ ,

Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillahirabbil'alamin, Hamdan yuwaafii ni'amahu wa yukaffii maziidah, yaa rabbaanaa lakal hamdu kamaa yambaghii lijalaali waj hika wa'azhiimi sulthanik. Allahumma shallii wa sallim 'ala saidinaa Muhammadin wa'alaa alii saidiinaa Muhammadin

Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Ya Allah Yang Maha Mendengar,

Hari ini kami bersyukur dapat memperingati hari Kartini, hari di mana kami mengingat akan perjuangan Ibu Kartini, di dalam membela hak-hak kaum wanita.

Ingatkanlah kami juga, agar kami pun sebagai wanita, tidak melupakan apa yang menjadi kewajiban kami. Agar kami tetap dapat berperan sebagai istri yang baik bagi suami dan ibu yang baik bagi anak-anak.

Bimbinglah kami, agar kami dapat membagi waktu dan menempatkan segala sesuatu dengan benar sesuai yang Engkau ridhai.

Ya Allah ya Tuhan kami,

Berikanlah kami rizki yang melimpah, halal, lagi baik. Jadikanlah negeri kami negeri yang penuh berkah, gemah ripah loh jinawi.

Ya Tuhan yang Maha Pengampun,

Ampunilah kesalahan kami, kesalahan para pemimpin bangsa ini, kesalahan para pendahulu kami, kesalahan para pahlawan pejuang, khususnya pembela kaum perempuan.

Ya Allah Yang Maha Bijaksana,

Tunjukkanlah kepada kami, bahwa yang benar itu adalah benar sehingga kami dapat melaksanakannya dan tunjukkanlah bahwa yang salah itu adalah salah sehingga kami dapat menghidarinya.

Ya Allah, Tuhan kami,

Terimalah amal perbuatan baik kami, dan terimalah doa kami.

Rabbana aatina fiddunya hasanah wa fil-akhirati hasanah, wa qinaa adzabannaari

Ya Tuhan, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta selamatkanlah kami dari siksa neraka.

Aamin.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

2. Doa Upacara Hari Kartini 2024

Assalamu'alaikum wr wb

Bismillahirrahmaanirrahiim.

Alhamdulillahirabbil'alamin. Hamdan yuwaafii ni'amahu wa yukaffii maziidah, yaa rabbaanaa lakal hamdu kamaa yambaghii lijalaali waj hika wa'azhiimi sulthanik. Allahumma shallii wa sallim 'ala saidinaa Muhammadin wa'alaa alii saidiinaa Muhammadin

Ya Allah yang Maha Rahman dan Maha Rahiim,

Segala puji dan syukur bagi-Mu, karena dengan ridho dan pertolongan-Mu pada hari ini kami bisa bersama-sama memperingati Hari Kartini.

Jadikanlah peringatan Hari Kartini sebagai inspirasi bagi kami untuk senantiasa memperbaiki diri, menjaga keteguhan dan keikhlasan hati dalam menjalankan tugas dan pengabdian kami bagi kemajuan dan kemuliaan negeri tercinta ini.

Ya Allah Tuhan yang Maha Bijaksana dan mengabulkan segala pinta,

Berikanlah kami para wanita di negeri ini kekuatan lahir dan batin dalam mengabdi untuk bangsa ini.

Juga sebagai wanita bekerja dan ibu yang selalu mendidik dan membimbing putra putri kami agar senantiasa bersemangat menuntut ilmu, menjadi pribadi yang jujur, tawadhu', amanah dan senantiasa beribadah kepada-Mu.

Ya Allah tempat kami memanjatkan segala pengharapan,

Jadikanlah putra putri kami anak-anak yang sholeh dan sholehah yang dalam setiap langkahnya senantiasa memancarkan butir-butir keimanan dan kerendahan hati.

Bukalah pintu hatinya dalam menerima kebaikan dan kebenaran-Mu, mudahkanlah dalam meraih segala cita-cita yang mulia agar menjadi orang-orang yang berguna bagi nusa bangsa dan agama dan selalu berbakti kepada kedua orang tua.

Ya Allah ampunilah dosa kami dan dosa kedua orang tua kami dan sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangi kami di waktu kecil.

Allahumma arinal haq haqqa warzuknitinaaba waarinal batila batila warzukni tibaah.

Tunjukkanlah kepada kami bahwa yang benar itu benar dan berikanlah kekuatan kepada kami untuk mengikutinya, serta tunjukanllah bahwa yang salah itu salah dan berilah kekuatan kepada kami untuk menjauhinya.

Robbana aatinaa fiddunya hasanah wafil akhiroti hasanah wiqinaa 'adzabannaar. Walhamdulillahi robbil 'aalamin.

Wassalamu'alaikum wr wb.

3. Doa Upacara Hari Kartini 2024

Alhamdulillahirobbil 'alamin, wash-sholatu was-salamu 'ala sayyidina Muhammadin wa 'ala alihi wa sohbihi ajma'in.

Ya Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang,

Pada hari ini, kami mempersembahkan puji dan syukur kehadirat-Mu. Kami yakin karena berkat rahmat dan pertolongan-Mu, kami dapat berkumpul dalam acara memperingati Hari Kartini.

Ya Allah Ya Rabbana,

Pada hari ini kami memperingati Hari Kartini, seorang wanita yang Engkau beri kemuliaan. Seorang wanita yang bisa kami jadikan teladan. Seorang wanita yang sudah mengispirasi kami sebagai seorang wanita Indonesia.

Ya Allah, berilah kami kekuatan, supaya kami dapat mengikuti langkah dan geraknya.

Ya Allah, Ya Akbar, Tuhan Yang Maha Besar

Bukankanlah hati kami, jadikanlah hari ini adalah hari untuk memperbaiki diri. Ya Allah anugerahkan kepada kami hati nurani yang mulia luhur dan agung seperti Ibu Kartini.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pemersatu,

Jadikanlah peringatan Hari Kartini ini sebagai momentum untuk dapat merekatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa kami. Momentum untuk menyatukan isi dan persepsi kami, terutama bagi kaum wanita dalam berperan serta untuk melaksanakan segala pembangunan bangsa, negara dan daerah kami, sehingga terwujud masyarakat yang makmur, adil dan sejahtera.

Ya Allah Yang Maha Pengampun, ampunilah segala dosa kami, dosa bapak, ibu kami dan guru kami.

Ya Allah, ampunilah dosa para pemimpin kami serta peliharalah mereka dari azab-Mu, tempatkan mereka di sisi-Mu dengan derajat mulia.

Ya Allah Yang Maha Mendengar, kabulkanlah doa dan permohonan kami. Sesungguhnya Engkau Dzat yang Maha mengabulkan doa.

Robbana aatinaa fiddunya hasanah wafil akhiroti hasanah wiqinaa 'adzabannaar. Walhamdulillahi robbil 'aalamin.

Wassalamu'alaikum wr wb.

(Tribunnews.com/Sri Juliati)

Editor: Febri Prasetyo

Tag:  #upacara #hari #kartini #2024 #singkat #menyentuh

KOMENTAR