Siapkan Diri Hadapi Dunia Kerja, Ini 5 Manfaat Magang di Luar Negeri
Ilustrasi magang. (Mimi Thian on Unsplash)
21:32
3 April 2024

Siapkan Diri Hadapi Dunia Kerja, Ini 5 Manfaat Magang di Luar Negeri

Magang di luar negeri menawarkan segudang manfaat bagi mahasiswa yang ingin mempersiapkan diri memasuki dunia kerja global. Pengalaman ini tidak hanya mengasah kemampuan profesional, tetapi juga membuka wawasan dan memperluas jaringan.

Berdasarkan riset Korn Ferry, Indonesia akan mengalami kekurangan tenaga kerja terampil sebanyak 18 juta orang pada tahun 2030, terutama di sektor manufaktur. Menanggapi tantangan yang dihadapi, Indonesia harus memastikan ketersediaan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan industri. Melansir laman GoAbroad, setidaknya ada 5 manfaat magang di luar negeri yakni:

Meningkatkan Keterampilan Kerja

Magang di perusahaan multinasional atau organisasi internasional memungkinkan mahasiswa untuk mempelajari standar kerja global dan menerapkan ilmu yang dipelajari di bangku kuliah. Mereka akan terpapar pada teknologi terbaru, metodologi kerja yang inovatif, dan budaya kerja profesional yang beragam.

Ilustrasi magang di suatu perusahaan.(Freepik/tirachardz)Ilustrasi magang di suatu perusahaan.(Freepik/tirachardz)

Memperkuat Kemampuan Bahasa

Berada di lingkungan berbahasa asing mendorong mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa asing, baik lisan maupun tulisan. Kemampuan ini sangat penting dalam dunia kerja global yang semakin terkoneksi.

Mengembangkan Jaringan Internasional

Magang di luar negeri membuka kesempatan untuk menjalin koneksi dengan profesional dari berbagai negara. Jaringan ini dapat menjadi sumber informasi, peluang kerja, dan kolaborasi di masa depan.

Meningkatkan Daya Saing

Pengalaman magang luar negeri menjadi nilai tambah yang signifikan dalam CV dan meningkatkan daya saing di pasar kerja global. Pengalaman ini menunjukkan kemampuan adaptasi, kemandirian, dan etos kerja yang tinggi.

Memperluas Wawasan dan Perspektif

Magang di luar negeri membuka wawasan tentang budaya dan cara kerja yang berbeda. Pengalaman ini membantu mahasiswa menjadi individu yang lebih adaptif, terbuka, dan toleran.

Inilah yang menjadi alasan Yayasan Matsushita Gobel (YMG),  telah mengirim total 380 peserta magang ke Jepang sejak tahun 2017. Diharapkan, setelah menyelesaikan magang, para peserta akan membawa keterampilan yang mereka pelajari dari Jepang untuk diterapkan di industri nasional.

Ida Fauziyah, Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia dalam sambutan Pelepasan 84 peserta magang ke Jepang dalam Program Pelatihan Magang Teknis Batch XII, menyatakan program ini sejalan dengan visi besar Pembangunan Indonesia Emas 2045, yang menempatkan pembangunan manusia sebagai salah satu pilar utamanya.

"Program pemagangan ke luar negeri merupakan salah satu upaya penting dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bangsa kita, sejalan dengan arahan dari Bapak Presiden untuk mempermudah dan mengembangkan skema pemagangan, terutama ke luar negeri, guna meningkatkan kompetensi dan kualitas tenaga kerja Indonesia," terangnya dalam keterangan pada wartawan.

Ilustrasi magang (Freepik.com)Ilustrasi magang (Freepik.com)

Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masaki Yasushi, juga hadir dan menyatakan apresiasi atas kontribusi Yayasan Matsushita Gobel dalam memperkuat kerja sama bilateral antara Jepang dan Indonesia. Program ini dianggap bermanfaat bagi kedua negara mengingat tantangan demografi yang dihadapi oleh Jepang dan bonus demografi yang dinikmati oleh Indonesia.

Rachmat Gobel, Chairman dan Shareholder Gobel Group, menyatakan bahwa transfer teknologi adalah elemen krusial dalam memperkuat talenta lokal. Mahasiswa magang dari luar negeri mendapatkan pengalaman dan ilmu baru, yang nantinya akan ditransfer kepada tenaga kerja di Indonesia.

"Dengan memperkenalkan inovasi, pengetahuan, dan keterampilan baru, transfer teknologi membuka peluang bagi peserta magang untuk mengisi kebutuhan tenaga kerja terampil di Indonesia, menjadi kunci untuk memanfaatkan peluang ekonomi di masa depan," tutupnya.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #siapkan #diri #hadapi #dunia #kerja #manfaat #magang #luar #negeri

KOMENTAR