Simak dan Pahami, Begini 7 Cara Setting YouTube Agar Ramah Anak
Ilustrasi. Setting YouTube Anda agar lebih aman dan ramah anak./(Freepik)
11:10
1 April 2024

Simak dan Pahami, Begini 7 Cara Setting YouTube Agar Ramah Anak

 

Nyaris semua anak senang menonton video di YouTube. Untuk membatasi tontonannya agar yang dilihat hanya konten ramah anak, tentunya Anda perlu pahami cara setting YouTube untuksi kecil.   Konfigurasi default di YouTube tidak begitu ramah bagi anak-anak. Tanpa pembatasan, semua jenis konten video bisa muncul dan berpotensi ditonton oleh anak Anda.   YouTube memang membantu memudahkan anak belajar dan mencari hiburan. Namun, tidak menutup kemungkinan anak akan secara tidak sengaja membuka konten video yang tidak sesuai untuk mereka.   Di sisi lain, memastikan anak mendapatkan tontonan yang layak di YouTube adalah tugas Anda sebagai orangtua.   Dirankum JawaPos.com, Senin (1/4), berikut beberapa cara untuk membuat tontonan di YouTube menjadi aman digunakan anak-anak.   1. Membuat Akun Keluarga   Agar lebih mudah memantau aktivitas anak dalam mengakses YouTube, pertama Anda perlu membuat akun keluarga.   Cara setting YouTube untuk anak dengan membuat akun keluarga, yaitu Anda bisa membuka aplikasi Family Link pada perangkat yang Anda gunakan. Lalu Anda bisa pilih akun 'Anak Anda', dan klik 'Kelola Setelan YouTube'.  

  2. Aktifkan Mode Terbatas   Ini adalah solusi yang disediakan oleh YouTube melalu menu pengaturan. Mode terbatas akan menyaring konten dan membantu menyembunyikan video yang berpotensi mengandung konten dewasa.   3. Gunakan Aplikasi YouTube Kids   Cara setting YouTube untuk anak agar ia menonton konten yang aman dengan mudah adalah dengan gunakan aplikasi YouTube Kids yang dapat diunduh melalui perangkat Android atau iOS Anda. Aplikasi YouTube ini dikhususkan untuk anak sehingga ramah anak.   4. Matikan Putar Otomatis (AutoPlay)   Fitur putar otomatis atau autoplay di YouTube aktif secara default. Fitur ini bisa menjadi masalah, terutama saat akun YouTube digunakan oleh anak Anda.    Perlu diingat, mematikan fitur ini tidak akan mencegah konten dewasa dan konten tidak layak lainnya untuk muncul. Jadi pengawasan orang tua tetap menjadi upaya utama ketika anak mulai menonton YouTube.   5.  Membuat Playlist Anak   Anda sebaiknya membuat playlist atau daftar putar anak, dimana isinya adalah konten video yang aman untuk diakses oleh anak. Misalnya konten bermain, belajar, lagu anak, dan playlist anak lainnya.  

  6. Keluar dari Akun Google Anda   Menonton video di aplikasi YouTube tanpa akun lebih aman bagi anak-anak. Tanpa akun, YouTube akan menyaring konten dan hanya mengizinkan akses untuk video yang tidak terkena pembatasan usia.   7. Berlangganan Channel YouTube Khusus Anak   Anda juga bisa mengatur akun keluarga tadi untuk berlangganan (subscribe) akun YouTube anak. Jadi, daftar video yang muncul pada halaman depan YouTube adalah video-video yang berasal dari akun YouTube anak yang telah di subscribe tadi.   Itulah cara setting YouTube untuk anak yang bisa Anda terapkan di rumah sehingga screen time Anak tetap dalam batasan usianya.   ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #simak #pahami #begini #cara #setting #youtube #agar #ramah #anak

KOMENTAR