Adu Sepak Terjang Sangun Ragahdo vs Yakup Hasibuan, Pengacara Muda Berhadapan di Sengketa Pilpres
Sangun Ragahdo dan Yakup Hasibuan bersama ayah masing-masing, Henry Yosodiningrat dan Otto Hasibuan. (Instagram/@ragahdo)
21:16
30 Maret 2024

Adu Sepak Terjang Sangun Ragahdo vs Yakup Hasibuan, Pengacara Muda Berhadapan di Sengketa Pilpres

Sengketa hasil Pilpres 2024 tengah bergulir di Mahkamah Konstitusi. Masing-masing paslon tentu didampingi oleh kuasa hukum, yang kekinian profilnya menjadi sorotan publik.


Salah satunya adalah karena kemunculan beberapa pengacara muda yang sosoknya menarik perhatian, seperti misalnya Sangun Ragahdo yang mewakili kubu Ganjar-Mahfud MD, serta Yakup Hasibuan yang membela kubu Prabowo-Gibran.


Nama keduanya pun sudah tak terlalu asing di kalangan warganet. Sangun Ragahdo sudah mencuri perhatian ketika mendampingi ayahnya, Henry Yosodiningrat, menjadi kuasa hukum anak buah Ferdy Sambo seperti Hendra Kurniawan. Sementara Yakup Hasibuan dikenal luas sebagai suami Jessica Mila sekaligus merupakan putra dari pengacara kondang Otto Hasibuan.


Lantas jika membandingkan sepak terjang keduanya, siapa yang kira-kira lebih moncer?


Sangun Ragahdo

Sangun Ragahdo, pengacara muda anak Henry Yosodiningrat. (Instagram/@ragahdo)Sangun Ragahdo, pengacara muda anak Henry Yosodiningrat. (Instagram/@ragahdo)


Sangun Ragahdo merupakan anak semata wayang dari pasangan advokat Henry Yosodiningrat dan artis senior Yayuk Suseno.


Ragahdo merupakan lulusan SMA Taruna Nusantara yang kemudian melanjutkan pendidikannya ke Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan (UPH) periode 2013-2017.


Ragahdo kemudian melanjutkan studinya ke jenjang pascasarjana di Erasmus Rotterdam Belanda dan dinyatakan lulus pada tahun 2018. Setelah itu Ragahdo kembali melanjutkan pendidikan hingga meraih gelar doktor bidang hukum dari UPH pada tahun 2021.


Selama berkuliah, Ragahdo beberapa kali mengemban amanah di firma hukum, antara lain sebagai Legal Assistant di Henry Yosodiningrat & Partners Law Firm (2018-2019) dan Legal Intern di HHP Law Firm yang merupakan bagian dari Baker & McKenzie International (2019). Sejak Juli 2019, Ragahdo juga sudah berkarier sebagai Associate Partner di firma hukum sang ayah.


Yakup Hasibuan

Suami Jessica Mila, Yakup Hasibuan di RS JWCC Asih, Panglima Polim, Jakarta, Jumat (22/3/2024). [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]Suami Jessica Mila, Yakup Hasibuan di RS JWCC Asih, Panglima Polim, Jakarta, Jumat (22/3/2024). [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]


Yakup Hasibuan merupakan putra satu-satunya pasangan Otto Hasibuan dan Norwati Damanik. Mengikuti jejak sang ayah, Yakup yang merupakan suami Jessica Mila ini juga mendalami bidang hukum.


Dikutip dari LinkedIn-nya, Yakup pernah mengikuti Summer Program di beberapa kampus luar negeri. Seperti mengikuti program Kriminologi dan Hukum Internasional saat summer program di University of Cambridge (2009), serta mengambil bidang Capital Market Law di summer program Yale Law School (2011).


Yakup lalu menempuh pendidikan S1 Ilmu Hukum di Universitas Indonesia pada tahun 2013-2016. Setelahnya Yakup sempat mengambil pendidikan bidang keuangan di Harvard Business School (2019).


Yakup kemudian melanjutkan studi S2 Ilmu Hukum di New York University School of Law. Yakup mengambil konsentrasi di bidang hukum perdagangan internasional, seperti LLM, International Business Regulation, Litigation, and Arbitration.


Selama berkuliah, Yakup juga sempat bekerja di beberapa tempat, seperti menjadi Legal Intern Kemenko Kemaritiman (2016) dan Legal Intern di Allens Australia (2016). Lalu Yakup bekerja sebagai Associate di Baker McKenzie Jakarta (2017-2020), sebelum pindah ke firma hukum ayahnya, Otto Hasibuan & Associates sejak Juli 2020.


Di luar itu, Yakup juga menjadi pendiri legal technology Perqara, serta menjabat sebagai CEO Senayan Golf Club sejak Januari 2021. Sebagai advokat, Yakup merupakan bagian dari PERADI.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #sepak #terjang #sangun #ragahdo #yakup #hasibuan #pengacara #muda #berhadapan #sengketa #pilpres

KOMENTAR