Kenali 9 Tipe Orang yang Gemar Selingkuh, Apakah Pasanganmu Juga Melakukannya?
Ilustrasi selingkuh (Freepik)
15:04
29 Maret 2024

Kenali 9 Tipe Orang yang Gemar Selingkuh, Apakah Pasanganmu Juga Melakukannya?

 Selingkuh dalam suatu hubungan adalah pengkhianatan yang sangat menyakitkan dan dapat menghancurkan kepercayaan pasangan.

Meskipun kebanyakan orang mengasosiasikan perselingkuhan dengan hal-hal bersifat fisik, nyatanya tipe perselingkuhan bisa bermacam-macam, baik fisik maupun emosional.   Lantas bagaimana cara menganali macam-macam, tipe, dan juga ciri-ciri perselingkuhan yang dilakukan pasangan?    Dikutip dari Marriage.com, Jumat (29/3), berikut macam-macam atau tipe-tipe orang yang gemar selingkuh.


1. Selingkuh secara Seksual


Perselingkuhan secara fisik merupakan tipe perselingkuhan yang paling umum terjadi dalam suatu hubungan.

Orang yang selingkuh dalam tipe ini membutuhkan keintiman seksual dengan orang lain yang bukan pasangannya.

Berhubungan intim dengan orang yang bukan pasangannya tersebut menjadi salah satu penyebab perpisahan.

Apabila pasanganmu melakukan hal tersebut, kemungkinan pasanganmu selingkuh karena kehidupan seks kalian sedang menurun.

Selain itu, dia juga kemungkinan tidak tertarik lagi melakukan kontak fisik denganmu.  



2. Selingkuh secara Online

Tipe ini merupakan bentuk perselingkuhan dengan nuansa intim dan eksual yang berkembang secara online, baik melalui pesan singkat, panggilan suara, maupun panggilan video.

Selain itu, seseorang yang selingkuh secara online kemungkinan tidak saling bertemu, tetapi koneksi di antara mereka dapat memengaruhi komitmen.

Perselingkuhan online yang kemungkinan dilakukan oleh pasanganmu bisa membangkitkan perasaan cemburu dan marah dalam dirimu. Meski secara online, tipe perselingkuhan ini tetap dapat dianggap sebagai pengkhianatan dan dapat merusak kepercayaan dalam hubungan.

3. Selingkuh secara Finansial

Kecurangan finansial terjadi ketika pasangan tidak berterus terang tentang pengeluaran atau tabungannya.   Misalnya, dia mungkin menghabiskan anggaran bulanan untuk membeli hadiah yang diberikan kepada pacar rahasianya dan akhirnya menyembunyikan laporan keuangannya dari pasangannya. Apakah pasanganmu melakukan hal ini?

Alasan lain untuk berbohong tentang keuangannya dapat mencakup masalah perjudian, masalah penyalahgunaan zat, dan bahkan belanja kompulsif.

Perselingkuhan finansial juga berarti menyimpan rahasia darimu dan merusak kepercayaanmu kepada pasanganmu.

Apabila pasanganmu melakukan tipe selingkuh ini, dia akan menghabiskan tabungannya dan kemungkinan membuatmu berhutang.  



4. Selingkuh secara Emosional

Perselingkuhan emosional melibatkan keterikatan emosional dengan orang lain selain pasangannya. Perselingkuhan jenis ini mudah dimaafkan karena tidak mencakup keintiman fisik, tetapi juga dapat merusak suatu hubungan.

Hal ini termasuk perselingkuhan dan bisa membuat kamu merasa tersisih dari hubungan tersebut apabila pasanganmu melakukan hal ini.

5. Berfantasi tentang Orang Lain

Wajar jika sesekali berfantasi tentang seseorang yang menurut pasanganmu menarik. Namun, membiarkan pikiran mengembara dan memimpikan perilaku lain bisa dianggap selingkuh.

Menghabiskan waktu berjam-jam untuk melamun tentang seseorang yang menurut pasanganmu menarik akan mendorong pasanganmu untuk bertindak.   Selain itu, berfantasi akan mengarah pada tindakan tidak jujur dan tidak bermoral atau dapat mengalihkan pikiran pasanganmu dari hubunganmu.

Pasanganmu berfantasi tentang sesuatu yang tidak nyata dan membandingkan kenyataan dengan mimpi. Hal ini dapat berdampak buruk pada hubungan kalian.

Misalnya, jika berfantasi tentang dokter akan membuat pasanganmu sering pergi ke rumah sakit dan berbohong tentang lokasi dia kepadamu, hal itu dapat disebut selingkuh.  



6. Perselingkuhan Fisik Tanpa Seks


Banyak orang bertanya, "Apakah berciuman itu termasuk selingkuh saat menjalin hubungan?" Mencium seseorang yang bukan pasangan saja bisa dianggap selingkuh.

Apabila pasanganmu melakukan hal tersebut, dia tidak bisa lepas dari konsekuensi tindakannya dengan mengatakan, "Kami hanya berciuman, kami tidak berhubungan seks."

Melakukan aktivitas seperti foreplay atau mencium orang lain selain pasangan tetap bisa dianggap selingkuh. Namun, fakta bahwa tidak ada hubungan seks tidak mengurangi rasa sakitnya bagi dirimu.

Sebaiknya, kamu dan pasangan membahas hal terkait dan membatasi tindakan apa yang kalian anggap sebagai perselingkuhan.

7. Memiliki Perasaan Romantis terhadap Orang Lain

Memiliki perasaan terhadap orang lain selain pasangan bisa dianggap selingkuh jika perasaan tersebut ditindaklanjuti. Hal ini dapat dilakukan dengan mencurahkan waktu seseorang untuk orang lain dan menghabiskan tabungannya untuk membelikan orang tersebut hadiah yang mahal.

Memang sulit mengendalikan perasaan pasanganmu apabila dia melakukan hal ini, tetapi di sisi lain, pasanganmu memiliki kendali atas tindakannya.

Jadi, ketika pasanganmu diam-diam melihat orang yang disukainya darimu dan bersikap merahasiakan hubungan kalian, hal itu bisa dianggap selingkuh.

Pasanganmu perlu melakukan evaluasi terhadap situasi tersebut sebelum terjadi masalah di antara kalian.  



8. Meluangkan Waktu dan Perhatian ke Dalam Hobi

Hobi bisa menjadi faktor seseorang berselingkuh. Hal ini lantaran seseorang dapat mencurahkan perhatian dan waktunya pada hobinya dan tak mempedulikan pasangannya. Perilaku tersebut dapat dianggap selingkuh. Apakah pasanganmu bersikap demikian?

Apakah pasanganmu lebih memilih menghabiskan waktu dengan bermain game, melakukan aktivitas fisik, hingga menghabiskan akhir pekan dengan bekerja dibandingkan menghabiskan waktu bersamamu?

Jangan salah paham, hal ini bukan berarti hobi pasanganmu salah. Sebaliknya, hal tersebut harus didorong jika dilakukan dalam jumlah sedang. Terobsesi pada suatu minat dan mengalihkan perhatiannya terhadap dirimu dapat menyebabkan keretakan hubungan.

9. Micro Cheating


Micro cheating merupakan salah satu tipe perselingkuhan yang umum dalam suatu hubungan, dapat ditunjukkan dengan sikap pasanganmu yang stalking mantannya di media sosial, memiliki profil online yang aktif di situs kencan, atau menggoda orang lain.

Contoh pesan singkat pada micro cheating juga melibatkan pengiriman pesan genit. Hal tersebut terkesan halus dan tidak melibatkan keintiman fisik. Namun, kebohongan, kerahasiaan, hingga pengkhianatan yang menyertai kecurangan kecil dapat menghancurkan suatu hubungan.   ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kenali #tipe #orang #yang #gemar #selingkuh #apakah #pasanganmu #juga #melakukannya

KOMENTAR