Puasa Tapi Sambil Pacaran, Bolehkah? Oki Setiana Dewi Singgung Chat Bikin Hati Berdesir
Ilustrasi Pacaran Saat Puasa. (Pixabay)
16:28
19 Maret 2024

Puasa Tapi Sambil Pacaran, Bolehkah? Oki Setiana Dewi Singgung Chat Bikin Hati Berdesir

Bulan suci Ramadan menjadi waktu untuk umat Muslim fokus beribadah kepada Allah SWT. Oleh sebab itu, saat bulan Ramadan, umat Muslim dianjurkan untuk menjauhi berbagai hal yang kurang baik dan dilarang oleh Allah.

Namun, dalam penerapannya, masih banyak umat Muslim yang tetap melakukan berbagai hal dilarang salah satunya berpacaran. Beberapa umat Muslim terlihat masih menjalin hubungan pacaran saat bulan Ramadan. Lantas bagaimana hukumnya? Menjelaskan hal ini, Ustazah Oki Setiana Dewi menjelaskan, pacaran di bulan Ramadan hukumnya adalah haram. Pasalnya, meski hanya dengan pesan dari ponsel, perkataan yang disampaikan satu sama lain dapat memancing rasa rindu.

“Dalam chat itu teman-teman sekalian ada perkataan-perkataan yang membuat kadang-kadang hati kita ini deg-degan hati kita ini apa ya berdesir,” kata Oki Setiana Dewi dalam video yang diunggah di akun Tiktoknya, dikutip Selasa (19/4/2024).

Bukan hanya itu, Oki Setiana Dewi menyampaikan, dengan ucapan rindu melalui chat itu juga menjadi hal yang mendorong diri sendiri menjurus pada perbuatan zina. Padahal, sudah jelas hukumnya kalau zina adalah haram.

“Dalam chat itu kadang-kadang teringat dia rindu akan dia Nah itu akan kadang-kadang kita mengucapkan I miss you I love you dan sebagainya Itu perkataan yang menjurus kepada perbuatan mendekati zina,” sambung Oki Setiana Dewi.

Masalah zina ini juga sudah jelas hukumnya dalam Al Quran surat Al-Isra ayat 32:

"Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk." (QS. Al-Isra: 32).

Oleh sebab itu, menurut Oki Setiana Dewi, umat Muslim justru memanfaatkan waktu Ramadan pada hal-hal yang baik. Dalam hal ini umat Muslim dapat membaca Al Quran dan mengkhatamkannya.

Jadi bulan Ramadan kita sucikan diri kita. Buat hal-hal yang membuat teman teman tidak berkonsentrasi dengan Quran maka teman-teman di luaran yang bertanya ‘bagaimana dengan chat?’ Chat itu sama aja kata-kata yang membuat kita terlena ya padahal di bulan Ramadan kita nggak ada waktu lain selain banyak membaca Al Quran, mengkhatamkan Al Quran” jelasnya.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #puasa #tapi #sambil #pacaran #bolehkah #setiana #dewi #singgung #chat #bikin #hati #berdesir

KOMENTAR