Meski Tak Batal, Beberapa Hal Ini Rupanya Dapat Membuat Pahala Puasa Berkurang, Lho
ilustrasi Hal yang Dapat Membuat Pahala Puasa Berkurang (freepik)
16:43
16 Maret 2024

Meski Tak Batal, Beberapa Hal Ini Rupanya Dapat Membuat Pahala Puasa Berkurang, Lho

Saat bulan Ramadan, banyak hal yang dapat membatalkan puasa, seperti makan, minum, hingga berhubungan intim. Selain itu, ada juga beberapa hal yang jika dilakukan tidak membatalkan puasa, namun mengurangi pahalanya.

Apa saja hal-hal yang dapat mengurangi pahala puasa di bulan Ramadan? Ini dia:

1. Melakukan hal-hal haram

Melakukan hal-hal yang diharamkan saat puasa dapat mengurangi pahala ibadah tersebut. Hal-hal haram ini seperti gibah, mengadu domba, berucap kata-kata kotor, berbohong, mencela, merendahkan orang, menipu, iri hati, dan lain-lain.

Beberapa hal tersebut jika dilakukan memang tidak membatalkan puasa. Namun, pahala yang saat berpuasa menjadi berkurang sehingga puasamu akan sia-sia. Hal ini dijelaskan dalam sabda Nabi Muhammad SAW:

“Siapa yang berpuasa, namun tidak meninggalkan dan masih mengucapkan kebohongan dan tuduhan yang tidak benar, maka Allah tidak butuh dia meninggalkan makan dan minum.” (HR. Bukhari no. 1903).

2. Berperilaku buruk

Hal lainnya yang juga bisa mengurangi pahala puasa adalah berperilaku buruk. Beberapa perilaku ini termasuk temperamental, mudah emosi, cepat tersinggung, bertindak kasar, dan lainnya. Dalam hadis, Rasulullah SAW bersabda:

“Puasa adalah perisai. Maka, pada hari salah seorang kalian berpuasa, janganlah ia bicara kotor dan jangan teriak-teriak (memancing keributan). Jika seseorang mencela atau memusuhinya, hendaknya ia mengatakan, ‘Aku sedang puasa.’” (HR. Bukhari no. 1894).

3. Malas-malasan

Kebiasaan lain yang tidak disadari dapat membuat pahala berkurang yakni malas-malasan. Bulan Ramadan menjadi momen untuk meningkatkan ibadah kepada Allah SWT. Sementara itu, meski tidur menjadi salah satu ibadah, melakukannya sepanjang hari juga tidak dianjurkan. Untuk itu, bulan Ramadan sebaiknya dapat diisi dengan melakukan hal produktif serta meningkatkan ibadah kepada Allah SWT.

4. Makan dan minum terlalu banyak

Membeli makanan dan minuman secara berlebihan hingga membuat kita makan dan minum dengan sangat banyak saat buka puasa juga membuat pahala puasa berkurang. Mengonsumsi makanan secara berlebihan dapat membuat kekenyangan sehingga menimbulkan rasa malas untuk salat tarawih.

5. Malas ibadah di akhir Ramadan

Beberapa orang sangat rajin beribadah di awal Ramadan, namun di akhir Ramadan, semangat tersebut menurun. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya orang yang menjalankan salat Tarawih di minggu pertama puasa, dan semakin sedikit di akhir menjelang Lebaran.

Malasnya ibadah di akhir Ramadan ini dapat membuat puasa menjadi berkurang. Padahal, pada akhir Ramadan, ada malam Lailatul Qadar di mana seseorang yang beribadah mendapat pahala seperti beribadah 1000 bulan.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #meski #batal #beberapa #rupanya #dapat #membuat #pahala #puasa #berkurang

KOMENTAR