Kerap Disepelekan, Ketahui 3 Dosa yang Bisa Menghilangkan Pahala Puasa
Ilustrasi Puasa (Freepik)
18:36
11 Maret 2024

Kerap Disepelekan, Ketahui 3 Dosa yang Bisa Menghilangkan Pahala Puasa

Bulan Ramadan menjadi bulan yang spesial bagi umat muslim. Sebab selama bulan suci ini, ibadah yang dilakukan akan mendapat ganjaran pahala berkali-kali lipat.

Pada bulan Ramadan ini, umat muslim dituntut menjalankan kewajiban puasa. Namun tak sekadar menahan lapar dan haus, umat Muslim juga perlu mengindari hal-hal yang dapat mengilangkan pahala puasa.

Lantas, apa saja hal-hal yang berpotensi menghilangkan pahala puasa? Berikut ini daftarnya, melansir dari laman NU Online.

1. Ghibah

Di luar bulan Ramadan saja, ghibah atau menggunjing merupakan kebiasaan yang tidak baik. Sayangnya, umat muslim kadang tidak menyadari bahwa menggunjing orang lain merupakan perbuatan yang dapat menggugurkan pahala. Tak cuma ghibah, melakukan adu domba dan berbohong juga berpotensi merusak pahala puasa.

Karena itu, ingat untuk berhati-hati dalam berbicara dan senantiasa menjaga lisan saat berpuasa.

Ilustrasi ghibah/gosip (Shutterstock)Ilustrasi ghibah/gosip (Shutterstock)

2. Menunjukkan sikap riya

Berpuasa merupakan kewajiban yang harusnya dijalani dengan penuh kesadaran untuk kebaikan diri sendiri. Sehingga saat seseorang berpuasa dengan tujuan ingin mendapat pujian dari orang lain, maupun merasa ibadah puasa yang dilakukannya lebih baik dari orang lain, maka bisa menggugurkan pahala puasa.

Selain membuat puasa sia-sia, sifat riya juga tergolong dalam perbuatan syirik.

Ilustrasi Puasa (Freepik)Ilustrasi buka puasa (Freepik)

3. Buka puasa dengan makanan haram

Setelah menahan lapar dan haus seharian, tentunya kita tak ingin puasa menjadi sia-sia. Karena itu, pastikan kamu berbuka dengan makanan yang halal.

Sebab berbuka puasa dengan sesuatu yang haram dapat menggugurkan pahala. Haram di sini tak cuma hal yang dihukumi najis dalam Islam, tapi juga makanan hasil curian.

Tak cuma menggugurkan pahala puasa, makanan haram dapat menyebabkan orang menjadi malas beribadah sehingga dengan enteng meninggalkannya.

Itulah 3 hal yang bisa menghilangkan pahala puasa. Semoga bisa menambah wawasan dan membuat puasa yang dijalani membawa lebih banyak berkah.

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #kerap #disepelekan #ketahui #dosa #yang #bisa #menghilangkan #pahala #puasa

KOMENTAR