6 Waktu Terbaik Untuk Mengatakan ‘Tidak’ Dalam Hidup Anda, Menurut Psikologi
Ilustrasi waktu terbaik untuk berkata ‘tidak’. (Pexels)
21:20
25 Oktober 2024

6 Waktu Terbaik Untuk Mengatakan ‘Tidak’ Dalam Hidup Anda, Menurut Psikologi

Mengatakan ‘tidak’ bisa menjadi sangat sulit bagi Anda yang selalu memprioritaskan orang lain daripada diri sendiri. Untuk beberapa orang, mereka merasa tidak nyaman atau bahkan merasa egois jika berkata ‘tidak’.

Anda mungkin salah satu orang yang berusaha untuk melakukan penolakan, Anda khawatir mengecewakan orang lain atau kehilangan hubungan. Namun, terkadang Anda perlu mengatakan ‘tidak’ untuk melindungi waktu, energi, mental, dan emosional Anda.

Menurut penulis buku Greg McKeown, terkadang apa yang tidak Anda lakukan sama pentingnya dengan apa yang Anda lakukan. Ini berarti Anda penting juga menolak sesuatu jika itu dapat merugikan atau membuat Anda merasa tidak nyaman.

Dilansir dari psikologi.

  1. Ketika dapat merugikan kesehatan mental Anda

Terlalu banyak komitmen dapat membuat Anda stres, cemas, dan kelelahan. Anda mungkin sering menerima setiap permintaan yang datang kepada Anda, entah dari atasan, teman, atau keluarga.

Namun, itu dapat terlalu banyak menerima komitmen dapat membebani kesehatan mental Anda. Faktanya, jika Anda terlalu memaksakan diri, Anda tidak hanya merusak kesejahteraan diri sendiri, tetapi juga kualitas pekerjaan dan hubungan Anda.

Sangat penting untuk memahami dan menerima keterbatasan diri Anda sendiri. Terkadang, Anda perlu mengatakan ‘tidak’, itu bukan berarti Anda lemah dan egois, tetapi merupakan langkah yang penting untuk melindungi kesejahteraan mental Anda.

  1. Ketika tidak membuat Anda bersemangat

Anda mungkin pernah mendapatkan tawaran pekerjaan di sebuah perusahaan baru. Namun, Anda tidak memiliki minat dan semangat untuk melakukan pekerjaan tersebut karena Anda tidak yakin dengan perusahaan tersebut.

Dalam situasi tersebut Anda tidak memiliki keinginan untuk menerima, karena pekerjaan itu bisa membuat Anda terganggu secara emosional atau mental. Anda berhak memilih sesuatu yang benar-benar Anda sukai, karena itu memungkinkan Anda untuk sukses.

Jadi, terlibat dengan sebuat kegiatan, tugas, atau pekerjaan yang tidak bisa membuat Anda bersemangat, itu akan membuat Anda merasa kesal dan frustasi. Cobalah untuk berkata ‘tidak.

  1. Ketika tidak sesuai dengan nilai-nilai Anda

Nilai yang Anda yakini sangatlah penting dalam proses pengambilan keputusan Anda. Ini berfungsi sebagai prinsip panduan dalam hidup Anda dan mempengaruhi perilaku, sikap, dan tujuan Anda.

Meskipun Anda memiliki banyak peluang yang tidak sejalan dengan nilai-nilai Anda, tetapi dengan berkata ‘tidak’, itu dapat membuat Anda terhindar dari penyesalan. Ini tentang memahami apa yang benar-benar penting bagi Anda dan membuat keputusan yang sesuai.

Mengatakan ‘tidak’ pada hal-hal yang tidak sejalan dengan nilai-nilai Anda bukan sekedar tentang menjaga integritas Anda, tetapi juga tentang memastikan ketenangan pikiran dan kebahagiaan Anda secara keseluruhan.

  1. Ketika dapat mengalihkan fokus Anda pada tujuan

Fokus adalah kunci untuk mencapai tujuan Anda. Gangguan kecil atau besar dapat menggagalkan proses Anda meraih tujuan. Menurut Greg McKeown, untuk meraih tujuan Anda, Anda perlu juga berkata ‘tidak’ pada beberapa peluang lain.

Mengatakan ‘tidak’ dapat menjadi langkah signifikan untuk mencapai tujuan Anda, jika itu dapat mengganggu Anda untuk fokus. Ini bukan berarti Anda antisosial atau kaku, tetapi memprioritaskan apa yang benar-benar penting bagi Anda.

  1. Ketika mengganggu perawatan diri Anda

Ada waktu Anda memiliki jadwal yang padat, dan itu membuat Anda tidak memiliki waktu untuk beristirahat. Banyaknya aktivitas seperti pekerjaan, bersosialisasi, tugas pribadi, itu semua penting untuk dilakukan.

Namun, Anda menghiraukan kesehatan diri, dan ada saatnya Anda harus mengatakan ‘tidak’ pada sesuatu yang mengganggu perawatan diri Anda. Seperti menyisihkan waktu untuk olahraga, makan sehat, atau waktu tenang untuk mengisi tenaga.

Perawatan diri sangatlah penting untuk kesejahteraan fisik dan mental Anda. Kurangnya perawatan diri dapat membuat Anda merasa putus asa, kurang energi, dan stres. Dengan mengatakan ‘tidak’ pada hal yang mengganggu kesejahteraan Anda, itu bukan hal yang egois.  

  1. Ketika Anda terlalu berkomitmen

Dalam menjalin ikatan atau hubungan pribadi atau profesional, mudah bagi Anda terjebak dengan komitmen yang berlebihan. Anda melakukan segala hal untuk semua orang yang berada di sekitar Anda.

Namun, Anda perlu menetapkan batasan yang realistis pada beberapa komitmen yang menurut Anda tidak penting. Dengan berkata ‘tidak’ saat Anda terlalu menerima banyak komitmen.

Dengan berani menetapkan batasan untuk menghargai diri sendiri, bahkan kalau itu membuat kecewa orang lain, tetapi penting untuk memprioritaskan diri sendiri terlebih dulu. Terbebani dengan banyak komitmen membuat Anda akan merasa kelelahan dan stres.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #waktu #terbaik #untuk #mengatakan #tidak #dalam #hidup #anda #menurut #psikologi

KOMENTAR